Lakukan Tiga Hal Sunnah ini Bila Waktu Maghrib Tiba

Lakukan Tiga Hal Sunnah ini Bila Waktu Maghrib Tiba
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Dunia Islam Larangan Di Waktu Maghrib Sunnah Rasul

Lakukan Tiga Hal Sunnah ini Bila Waktu Maghrib Tiba

Seperti kita ketahui bersama, setiap waktu akan menjadi berharga bagi diri kita jika dilalui dengan ibadah kepada Allah SWT.

Ya, setiap waktu harus kita manfaatkan sebaik mungkin, tentunya dengan memanfaatkannya pada hal-hal yang positif, dimana Allah SWT meridhai apa yang kita lakukan.

Sekali pun, yang kita lakukan adalah perkara duniawi, maka niatkanlah untuk beribadah pada Allah SWT, karena dengan begitu, nilai manfaat dapat kita rasakan.

Salah satu waktu yang selalu kita lalui adalah maghrib. Waktu maghrib dapat kita alami ketika matahari mulai tenggelam dan malam akan segera datang. Nah, di waktu ini pun kita harus bisa memanfaatkannya dengan baik. Ada hal-hal baik, yang disunnahkan kepada kita untuk dilakukan.

Apa sajakah 3 hal sunnah yang harus dilakukan bila waktu Maghrib tiba?

1. Memasukkan anak-anak ke dalam rumah saat masuknya waktu maghrib.

2. Menutup pintu-pintu di awal waktu maghrib sambil menyebut nama Allah SWT.

Mengerjakan dua adab ini merupakan salah satu upaya menjaga diri dari setan dan jin. Menahan anak-anak di rumah ketika awal waktu maghrib merupakan bentuk upaya menjaga anak-anak dari setan yang berkeliaran di waktu tersebut.

BACA JUGA:


Demikian pula dengan menutup pintu rumah sambil menyebut nama Allah. Tanpa disadari, betapa banyak anak-anak dan rumah-rumah yang dihinggapi setan pada waktu maghrib, sedangkan orangtua si anak dan si empunya rumah tidak menyadarinya. Betapa besarnya penjagaan Islam untuk anak-anak dan rumah-rumah kita.

Dalil perbuatan ini adalah hadis Jabir bin Abdillah Radhiyallahu ‘Anhu ketika beliau menyampaikan bahwa Rasulullah SAW bersabda, “Jika masuk awal malam–atau beliau mengatakan, jika kalian memasuki waktu sore - maka tahanlah anak-anak kalian karena setan sedang berkeliaran pada saat itu. Jika sudah lewat sesaat dari awal malam, bolehlah kalian lepaskan anak-anak kalian. Tutuplah pintu-pintu dan sebutlah nama Allah karena setan tidak bisa membuka pintu yang tertutup,” (HR. Al-Bukhari no. 3304 dan Muslim no. 2012).

3. Makruh tidur sebelum Isya’.

Berdasarkan hadits Abu Barzah Al-Aslami Radhiyallahu ‘Anhu, beliau mengatakan, “Bahwasannya Nabi Muhammad SAW suka untuk mengakhirkan waktu Isya’, membenci tidur sebelumnya, dan membenci bincang-bincang setelah Isya’,” (HR. Al-Bukhari no. 599 dan Muslim no. 647).

Alasan dibencinya tidur sewaktu Maghrib atau sebelum Isya’, adalah karena tidur pada saat itu dapat menyebabkan luputnya melaksanakan shalat Isya’.

Nah, itulah ketiga hal sunnah yang dapat kita lakukan bila waktu Maghrib tiba. Maka pada saat itulah merupakan waktu yang tepat bagi kita untuk mendekatkan diri pada Allah SWT.

Semoga artikel " Lakukan Tiga Hal Sunnah ini Bila Waktu Maghrib Tiba " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.