Bintik Putih di Kuku Bisa Menandakan Kondisi Kesehatan Kamu Kurang Baik

Bintik Putih di Kuku Bisa Menandakan Kondisi Kesehatan Kamu Kurang Baik
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Bintik Putih Pada Kuku Kesehatan

Bintik Putih di Kuku Bisa Menandakan Kondisi Kesehatan Kamu Kurang Baik

Waspada Bintik Putih di Kuku Bisa Menandakan Kondisi Kesehatan Kamu Kurang Baik. Benarkah itu?

Kuku adalah bagian tubuh manusia yang terdapat atau tumbuh di ujung jari. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari.

Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran. Fungsi utama kuku adalah melindungi ujung jari yang lembut dan penuh urat saraf, serta mempertinggi daya sentuh. Kuku adalah bagian dari tulang bukan protein.

Pada kulit di bawah kuku terdapat banyak pembuluh kapiler yang memiliki suplai darah kuat sehingga menimbulkan warna kemerah-merahan. Seperti tulang dan gigi, kuku merupakan bagian terkeras dari tubuh karena kandungan airnya sangat sedikit.

Itulah sedikit penjelasan mengenai KUKU.

Lalu apa makna dari tanda putih di kuku kamu? Mungkin kamu pernah percaya dengan mitos ada seseorang yang rindu jika ada tanda bintik putih di kuku. Ataupun mitos bahwa banyak hal-hal positif yg ada pada diri kamu jika ada titik putih di kuku.
BACA JUGA:

Tapi di balik beberapa mitos tersebut terkuak sebuah fakta bahwa, jika kamu mempunyai titik putih di kuku maka kamu mengalami gangguan kesehatan yang tergolong ringan hingga dampaknya semakin memburuk lho.

Tanda kecil putih di kuku secara medis dikenal sebagai penyakit leukonikia atau ada trauma di kuku. Mungkin tangan kamu pernah terjepit pintu atau hal-hal lain yg membuat kuku kamu cedera

Selanjutnya apakah kamu sering mengecat kuku? Jika iya, hal tersebut bisa memunculkan tanda bintik putih di kuku. Kenapa bisa seperti itu? Sebenarnya tidak semua orang yang mengecat kukunya akan terkena bintik putih di kuku, hal ini akan berlaku jika kuku kamu alergi terhadap penggunaan cat kuku.

Bintik putih itu terbentuk di bagian paling bawah kuku dan bergerak ke atas karena mulai tumbuh. Maka itu, jarang sekali orang menyadarinya kapan bintik putih itu mulai ada.

Tapi yang harus kamu waspadai adalah jika bintik putih itu tidak kunjung hilang bahkan semakin melebar. Hal itu bisa menjadi indikator bahwasannya itu menandakan penyakit serius. Seperti halnya sirosis hati, gagal ginjal atau penyakit jantung.

Sementara jika tanda putih muncul di garis kuku, itu bisa menunjukkan tanda rendahnya tingkat protein dalam darah. Kamu harus segera mencukupinya agar tak menimbulkan masalah lain yang lebih serius.

Jika kamu mengalaminya, segera cek ke dokter. Pencegahan ini harus dilakukan sebagai langkah deteksi dini.

Semoga artikel " Bintik Putih di Kuku Bisa Menandakan Kondisi Kesehatan Kamu Kurang Baik " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.