Cara Menjadi Murid Kesayangan Guru

Cara Menjadi Murid Kesayangan Guru
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Cara Mencari Perhatian Guru Di Sekolah Cara Mengambil Hati Guru Di Sekolah Cara Menjadi Murid Kesayangan Guru Cara Menjadi Siswa yang Disukai Guru

Cara Menjadi Murid Kesayangan Guru

Setiap murid ingin memberikan kesan yang baik bagi guru-guru mereka. Tanpa perlu menggunakan cara yang rumit atau sulit, berusahalah mempelajari perilaku yang diharapkan oleh guru kamu.

Ketahui cara menjadi murid kesayangan guru agar kamu senantiasa bersikap baik, berhasil, dan kehadiran kamu di kelas disukai guru.

Banyak cara agar kamu menjadi siswa yang disukai guru. Inilah 3 cara menjadi murid kesayangan guru:

Cara 1. Cara Menjadi Siswa yang Menyenangkan Guru

Cara Menjadi Siswa yang Disukai Guru

    Tempatkan diri kamu di posisi guru kamu. Bagaimana rasanya jika Kamu harus berdiri di depan kelas selama delapan jam sehari, setiap hari, yang isinya sekelompok besar siswa yang bengal, tidak bisa diam, dan ribut? Tentu saja kamu juga mengharapkan agar mereka bisa tenang dan melakukan tugas mereka dengan tertib.

Jika kamu ingin menjadi siswa yang disukai guru, cobalah membayangkan bagaimana perasaan guru sehari-hari agar kamu mendapatkan petunjuk tentang cara bertingkah laku di dalam kelas.

Cobalah meringankan tugas mereka, dengan s etiap kali kamu minta ijin, minta bantuan, atau apa pun kepada guru kamu, ini adalah tambahan pekerjaan bagi mereka.


-        Kenali kepribadian guru kamu. Pribadi setiap guru tentunya berbeda satu sama lain, oleh karena itu tidak ada cara tertentu yang dapat menyenangkan semua guru kamu. Ada guru yang baik hati, periang, dan ramah, sedangkan sebagian guru yang lainnya terlihat seperti pengawas sekolah jaman dulu yang galak.

Cobalah kenali siapa guru kamu. Agar kamu dapat memahami mereka lebih jauh, pahami apa yang mereka sukai dan apa yang membuat mereka merasa senang.

Tidak akan ada gunanya mencari muka jika guru kamu galak. Sebaiknya fokuskan perhatian pada tugas kamu, lebih banyak belajar dan melakukan apa yang diharapkan. Jangan berusaha agar terlihat paling hebat di kelas.

Bagi guru yang ramah, biasanya mereka lebih menghargai siswa yang mau berbicara di dalam kelas. Jika kamu ingin menjadi murid kesayangan guru, cobalah lebih banyak berbicara di kelas dan kerjakan tugas kamu sebaik mungkin.

-        Ketahuilah bagaimana harus bersikap. Guru tidak suka dengan siswa yang suka memanfaatkan orang lain, mencari muka, atau tukang mengadu. Ketahuilah bahwa siswa yang kamu anggap sebagai "anak kesayangan guru" oleh teman-temannya di kelas mungkin bukanlah siswa yang paling disukai guru.

Untuk menjadi siswa yang disukai guru, tidak perlu menjadi siswa yang paling banyak bicara atau paling banyak bertanya. Yang perlu kamu lakukan adalah turut berkontribusi pada saat tertentu dan jagalah agar suasana kelas kamu selalu positif.

-        Jadilah siswa yang kreatif. Berikan sentuhan kreatif pada pekerjaan kamu jika ingin berbuat lebih banyak, agar kamu pantas untuk menonjolkan diri di antara teman-teman yang lain dan menjadi siswa yang menyenangkan, kreatif, dan disukai.

Cara menjadi murid yang disukai guru

Pikirkan cara yang kreatif untuk menyelesaikan tugas. Lakukan tugas di dalam kelas dengan cara yang berbeda dari teman-teman kamu. Berusahalah sebaik mungkin. Dan lakukan lebih banyak dari apa yang diminta.

Coba kamu bayangkan: guru kamu harus duduk untuk menilai dua puluh, lima puluh, bahkan ratusan lembar kertas ulangan atau tugas di malam hari. Betapa bosannya . Tetapi jika kamu dapat memasukkan sedikit hal yang unik dari kepribadian dan kreativitas kamu ke dalam pekerjaan kamu banyak guru yang akan menyukainya - selama kamu mengikuti instruksinya dan mengerjakan tugas yang seharusnya.

-        Tetap pada pendirian kamu. Jadilah siswa yang jujur selama bersekolah. Setelah Kamu semakin dewasa dan selesai bersekolah, para guru akan menghargai siswa mereka yang mempunyai pendirian dalam berpikir.

Kamu akan lebih dihargai jika selalu dapat memperlihatkan diri kamu sebagai orang yang kreatif dan mempunyai pendirian. Menyatakan pendirian pun tidak berarti menjadi pembuat onar di kelas. Kamu tidak akan dapat apa-apa jika tidak mau menyelesaikan pekerjaan rumah.

-        Ucapkan terima kasih. Pada suatu saat selama kamu bersekolah, kamu harus memilih guru yang secara khusus kamu sukai untuk diberikan ucapan "terima kasih." Menjadi guru berarti bekerja keras dan mereka akan menghargai penghargaan yang kamu berikan.

Dalam beberapa hal, bingkisan kecil akan lebih sesuai sebagai ucapan terima kasih. Akan tetapi ada guru yang akan menolak jika hadiah yang diberikan terlihat agak berlebihan, mahal, atau mewah. Dan hadiah pun seharusnya tidak terkesan sebagai sogokan.

Dalam budaya tertentu, ada kebiasaan yang baik untuk mengundang guru kamu makan malam bersama keluarga kamu. Menyampaikan undangan adalah cara yang sopan untuk mengucapkan terima kasih.

Cara 2. Menjaga Perilaku selama Mengikuti Pelajaran


-        Perhatikan guru kamu. Cara mengambil hati guru di sekolah adalah dengan memerhatikan pelajaran di kelas. Akan semakin mudah bagi kamu memahami pelajaran dan menyelesaikan tugas kamu sebaik mungkin jika kamu selalu memerhatikan dan mendengarkan guru kamu dengan sungguh-sungguh.

Jika kamu menghadapi kesulitan untuk memahami pelajaran, cobalah untuk berbicara kepada orang tua dan guru kamu. Mungkin karena materinya kurang menantang bagi kamu, atau ada masalah perilaku yang perlu ditangani agar kamu dapat mencapai yang terbaik.

Jangan terpancing untuk bergurau di dalam kelas. Meskipun rasanya menyenangkan duduk di dekat teman-teman kamu, pergi bersama mereka waktu istirahat, di dalam bus, dan selama pergantian pelajaran. Karena kamu dapat melewatkan hal-hal yang penting selama pelajaran.

Lakukan instruksi dari guru. Selama berada di sekolah, kamu harus mengerjakan tugas secepat dan setenang mungkin. Jika sudah waktunya untuk beristirahat dan makan siang, bukan berarti kamu harus bercengkrama dengan teman di bangku sebelah atau berbuat hal-hal yang konyol.

Dengarkan dan lakukan instruksi guru Kamu. Pada saat kamu tidak berada di dalam kelas, namun guru kamu memberikan tugas untuk membaca satu bab dari buku untuk pelajaran besok, maka lakukanlah. Jangan berpikir bahwa kamu akan tetap disukai guru karena kamu suka bersahabat saat kamu menghindari tugas.

-        Bersikap hormat kepada guru kamu. Kamu harus bersikap hormat dan baik tidak hanya kepada guru, tetapi kepada setiap orang lain di dalam kelas. Perlakukanlah mereka seperti kamu ingin diperlakukan.

Jika waktunya tidak tepat, jangan berbicara di dalam kelas. Guru kamu tidak suka dengan gangguan yang tidak pada tempatnya.

Beberapa anak berpikir bahwa mereka akan disukai jika bisa membuat guru mereka marah. Namun ini bukanlah sikap yang menghargai untuk siapa pun, terutama bagi guru mereka.

-        Berikan kontribusi bagi kelas dengan cara yang positif. Berusahalah untuk melakukan lebih dari sekadar duduk diam dan memperhatikan pada saat kamu berada di dalam kelas.

Sering kali, guru minta agar ada siswa yang mau menjadi relawan, atau memberikan kesempatan bertanya kepada kelompok. Jadi kamu harus tahu kapan waktu yang tepat untuk menyatakan pendapat. Dan tetap berusaha sebaik mungkin agar suasana kelas selalu positif.

Cara mencari perhatian guru di sekolah

Saat melakukan tugas kelompok, ikutlah bekerja dengan sopan. Pada saat harus membentuk kelompok, lakukan tugas kamu untuk mendukung penyelesaian tugas kelompok. Jangan membuat masalah, mengganggu, atau hanya duduk diam sambil menunggu siswa lainnya bekerja.

Jika di dekat kamu ada siswa lain yang banyak tingkah atau mengobrol, tidak perlu kamu pedulikan. Namun berikan dukungan agar kegiatan kelas dapat berjalan terus dengan berfokus untuk menyelesaikan tugas kamu. Jangan biarkan perhatian kamu teralihkan.

-        Jagalah agar meja kamu tetap rapi. Jagalah harga diri kamu dengan menata meja belajar, loker, tempat menaruh baju di dalam lemari baju. Usahakan setiap tempat yang boleh kamu gunakan di dalam kelas agar selalu rapi dan bersih. Guru kamu bukan orang tua kamu. Mereka tidak akan meminta kamu berbenah secara rutin.

Cara 3. Melakukan Hal-Hal yang Baik di Sekolah

Cara Menjadi Murid Kesayangan Guru

-        Selesaikan tugas tepat pada waktunya. Selama mengikuti pelajaran, fokuskan perhatian dan lakukan tugas yang harus kamu selesaikan di dalam kelas sebaik mungkin. Ikuti instruksi yang diberikan, lalu serahkan tugas kamu. Cara mengambil hati guru di sekolah tidak perlu lebih rumit daripada cara ini.

Sediakan cukup waktu jika ada pekerjaan rumah yang harus kamu selesaikan, agar tugas ini dapat kamu selesaikan dengan baik. Menyelesaikan pekerjaan rumah pada menit-menit terakhir sebelum kamu serahkan adalah cara yang paling mudah untuk membuat guru kamu tidak senang.

INGAT, dalam kondisi apa pun, jangan pernah menyontek atau menyalin jawaban dari teman kamu. Ini hanya akan membawa masalah untuk diri kamu sendiri.

-        Bergabunglah dalam diskusi kelas. Para guru akan menyukai siswa yang bergabung pada saat mereka harus berdiskusi dalam kelompok. Jadi kamu tidak hanya duduk di belakang sambil termenung. Ajukan pertanyaan cerdas atau yang bermanfaat serta tunjukkan bahwa kamu memerhatikan saat guru kamu berbicara.

Kadang kala, jika ada yang ingin kamu tanyakan, banyak teman yang lainnya juga mempunyai pertanyaan yang sama, tetapi mereka merasa takut untuk bertanya. Memiliki keinginan untuk mengajukan pertanyaan akan membuat guru menyukai kamu.

-        Jadilah diri kamu sendiri. Ini sangatlah mudah. Pada saat kamu masuk ke dalam kelas dan berinteraksi dengan guru, cobalah membuat diri kamu nyaman dan jadilah diri sendiri. Guru kamu akan mengetahuinya jika kamu berpura-pura menjadi orang lain yang bukan diri kamu. Jangan berusaha menjadi siswa kesayangan guru, yang paling tahu, atau paling keren di sekolah, jadilah kamu apa adanya.

Guru-guru sama seperti orang yang lainnya. Guru ingin agar orang-orang bersikap tulus, baik, dan apa adanya. Jangan berpura-pura hanya supaya mendapatkan perhatian dan berharap kamu akan disukai oleh para guru.

-        Berikan yang terbaik pada saat kamu mengerjakan tugas. Belajarlah dengan giat di sekolah. Serahkan hanya hasil kerja kamu yang terbaik. Jika guru kamu menganggap bahwa kamu mampu lebih baik lagi dalam mengerjakan tugas, mereka akan senang jika kamu mau berusaha lebih giat lagi. Berusahalah untuk sungguh-sungguh menyediakan waktu agar tugas kamu bisa diselesaikan dengan baik dan tepat waktu. Tunjukkan kelebihan kamu melalui pekerjaan rumah yang kamu selesaikan.

Jika kamu menghadapi masalah dalam mengikuti pelajaran, katakan kepada guru kamu bahwa kamu ingin belajar lebih baik lagi, dan mintalah bantuannya. Banyak sekolah yang mengadakan kelompok belajar setelah jam sekolah untuk menyelesaikan pekerjaan rumah. Belajar bersama merupakan cara agar kamu dapat menyelesaikan lebih banyak tugas, jika kamu mau berusaha. Guru-guru menghargai para siswa yang mau berusaha. 

Dari 3 cara diatas terdapat beberapa point yang bisa kamu lakukan sehingga kamu dapat mengambil hati guru kamu dan menjadi murid kesayangan guru.

Semoga artikel " Cara Menjadi Murid Kesayangan Guru " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.