Ternyata Begini Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan

Ternyata Begini Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : anak sulit makan anak susah makan cara menambah nafsu makan cara mengatasi anak yang susah makan Cara Meningkatkan Nafsu Makan Anak Cara Meningkatkan Nafsu Makan Balita Kesehatan

Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan. Banyak orang tua di luar sana memiliki anak yang susah makan. Mungkin ibu salah satunya. Banyak cara atau tips mengatasi masalah anak susah makan sudah dicoba namun hasilnya nol besar.

Kebanyakan orang tua akan menyerah dengan cara memberikan susu saja. Mereka berpikir bahwa kalaupun anak tidak mau makan, ia sudah mendapatkan asupan nutrisi dari susu.


Jika ibu berpikir demikian, maka hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Ibu harus ingat bahwasannya saat anak sudah menginjak balita, sumber utama nutrisi baginya adalah makanan. Bukan susu. Susu hanya digunakan sebagai pelengkap saja.

Ibu tidak boleh frustrasi dan tidak percaya lagi dengan segala jenis tips mengatasi masalah anak mogok makan.

Cobalah menerapkan 3 langkah-langkah untuk mengatasi anak yang susah makan berikut ini dan lihat apa yang terjadi.

Lebih Akrab dengan Anak

Apakah ibu merasa belum memberikan waktu yang lebih banyak untuk anak? Jika ya, pantas saja jika anak ibu susah makan. Ia menolak makan mungkin saja bukan karena tidak suka. Itu hanya dikarenakan ia kurang nyaman dan kurang senang.

Maka, yang perlu ibu lakukan adalah memperkuat dulu ikatan antara ibu dan anak. Ajaklah si kecil untuk bermain. Buat ia senang entah dengan jalan-jalan atau dengan bermain permainan apapun yang ia suka.

Seperti halnya orang dewasa, mereka tidak selera makan ketika suasana hatinya kurang baik. Sementara itu, ketika suasana hatinya gembira, maka nafsu makan mereka akan muncul kembali.

Buat Menu Makanan yang Menarik

Setelah ibu berhasil membuat anak senang, ibu baru bisa memberikan menu makanan. Pastikan ibu membuatkan menu makanan yang menarik. Buat tampilan makan menarik bagi anak. Seperti contoh, ibu bisa gunakan berbagai jenis sayuran aneka warna atau menyajikan makanan favoritnya di tempat yang bagus dan berwarna-warni. Tampilan makanan yang bagus akan membangkitkan selera makan anak.

Beri Pujian

Ibu pasti senang sekali ketika melihat anak ibu sudah mulai makan dengan lahap kembali. Untuk itu, ibu perlu meluapkan rasa senang tersebut dengan cara tepuk tangan atau mengatakan "hore". Ini juga bentuk dari pujian kepada anak. Dengan adanya pujian, anak akan semakin senang dan ter motivasi untuk makan lagi dan lagi.

Akan tetapi, sebaiknya ibu tidak berlebihan atau terlalu sering memberikan pujian kepada anak. Ketika terlalu sering, maka anak tidak akan menganggap pujian tersebut sebagai sesuatu hal yang istimewa.

Jadi, sesekali ibu memberikan pujian ketika anak terlihat kurang semangat makan. Dengan demikian, anak akan menemukan nafsu makannya kembali saat ibu memberikan pujian.

Memang sangat mengkhawatirkan jika anak tiba-tiba susah makan apalagi hal tersebut berlangsung cukup lama. Oleh sebab itu, ibu harus tanggap. Artinya, jangan menunggu terlalu lama sehingga anak semakin susah diajak makan.

Lakukan langkah tersebut di atas secara berurutan. Yang terpenting adalah kuatkan ikatan dengan anak ibu. Ajak ia bermain agar senang. Baru kemudian ibu bisa mengajaknya untuk makan.

Mungkin saja anak ibu bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Ibu bisa mencoba menu makanan yang baru. Jika selama ini si kecil makan makanan berkuah, cobalah ibu membuatkan nasi dengan lauk ikan tanpa kuah. Atau, ibu buatkan menu nasi yang dibungkus dengan telor sehingga tampak menarik. Munculkan ketertarikan anak terhadap makanan, maka nafsu makan anak akan kembali lagi.

Semoga artikel " Ternyata Begini Cara Mengatasi Anak Yang Susah Makan " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.