Cara Menambah Nafsu Makan pada Anak Secara Alami

Cara Menambah Nafsu Makan pada Anak Secara Alami
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Cara Menambah Nafsu Makan Pada Anak Kesehatan Anak Tips Anak

Cara Menambah Nafsu Makan pada Anak Secara Alami dan Berat Badan Anak

Cara Menambah Nafsu Makan pada Anak Secara Alami

Nafsu dan selera makan anak kadang naik turun, tergantung pada mood, jenis hidangan dan lain sebangainya. 

Pada kesempatan ini kami kembali akan mencoba memberikan tips cara menambah nafsu makan pada anak secara alami. Maka bagi bunda yang udah pusing dan bingung silahkan disimak artikel ini dengan baik yaa..

Tubuh manusia seperti mesin mobil yang membutuhkan bahan bakar untuk bergerak, oleh sebab itu tubuh manusia membutuhkan asupan makanan yang cukup dan bergizi untuk melakukan segala aktivitas sehari-hari.

Jika di dalam tubuh kita tidak memiliki "bahan bakar" yang cukup, otomatis tubuh akan "mogok" seperti halnya mobil yang kehabisan bensin. 

Namun, terkadang manusia memiliki pola makan yang berubah-ubah. Dengan kata lain makan tidak sesuai jadwal yang seharusnya.

Terlebih bagi anak-anak, seringkali mereka susah untuk diajak makan dan itu menimbulkan pola makan yang salah.


Jika pola makan anak-anak tidak teratur dan menjadi suatu dibiasakan, maka anak akan kehilangan nafsu makannya, dan hal tersebut bisa memberikan efek buruk bagi kesehatannya. 

Bagi para orangtua yang memiliki anak dengan nafsu makan sangat rendah, bunda harus mencoba beberapa cara meningkatkan nafsu makan anak. Seperti memberikan vitamin atau suplemen tambahan yang khusus untuk anak-anak.
Perlu diperhatikan juga, memberikan suplemen penambah nafsu makan saja tidak cukup. Sebagai orangtua, bunda harus cukup kreatif untuk membujuk anak-anak bunda makan dengan teratur.

Ada beberapa cara mudah, sederhana, dan kreatif untuk meningkatkan nafsu makan anak.
Bunda mungkin tidak ingin membuat anak bunda merasa takut saat bunda menyuruhnya untuk makan. Namun cara yang biasa saja tidak menarik mereka untuk menyantap hidangan yang telah bunda siapkan.

Berikut cara menambah  nafsu makan anak secara alami.

BACA JUGA: Begini loh Cara Memberi Motivasi Kepada Anak

Cara pertama, bunda bisa berkreasi dengan makanan dengan memberikan tampilan lucu serta unik, sehingga mereka tertarik untuk menyentuhnya.

Sebagai contohnya, bunda bisa membuat nasi goreng dengan disertai hiasan menyerupai wajah panda menggunakan bahan-bahan alami, seperti wortel, nori, tomat, telur, dan lain sebagainya.

Cara kedua, buatlah makanan menjadi lebih artistik, bunda juga bisa sesekali bereksperimen dengan membuat masakan berbeda. Untuk saran, bunda bisa mengganti ayam goreng dengan nugget, jadi dengan bahan yang sama, bunda bisa membuat jenis makanan yang berbeda. Dengan begitu anak tidak akan merasa bosan dan ingin merasakan lauk-pauk yang baru.

Jika kedua cara di atas belum berhasil membuat nafsu makan anak bunda meningkat, cobalah berikan beberapa jenis buah-buahan, seperti buah pepaya, pisang ambon dan juga jeruk.

Ketiga buah tersebut dipercaya mampu meningkatkan nafsu makan baik bagi anak-anak maupun bagi orang dewasa. Untuk lebih tahu, anda bisa membuktikannya sendiri.

Meningkatkan Nafsu Makan Anak dengan Jamu Tradisional

Jamu tradisional memiliki banyak manfaat. Jamu telah dipercaya mampu mengatasi berbagai macam penyakit, untuk ketahanan tubuh, serta mengatasi susah makan pada anak.

Penggunaan jamu tradisional adalah salah satu cara meningkatkan nafsu makan anak yang tidak akan menimbulkan efek samping berbahaya. Jamu tidak selalu diolah dengan bentuk minuman, namun bahan-bahan alami yang dipergunakan tanpa adanya bahan tambahan kimia juga disebut sebagai jamu.

Bahan pertama yang bisa digunakan adalah daun kenikir. Daun kenikir seringkali dimasak sayur dan juga digunakan sebagai lalapan.
BACA JUGA: WASPADAI! Jenis-jenis Penyakit ini Paling Sering Diderita Anak Kita.
Caranya, bunda bisa mencincang halus daun kenikir dan diolah bersama dengan makanan kesukaan buah hati, dengan begitu, anak bunda akan memiliki nafsu makan yang lebih baik.

Selain penggunaan daun kenikir untuk dijadikan suplemen penambah nafsu makan, bunda juga bisa memanfaatkan tanaman herbal temulawak.

Cara membuat ramuannya pun sangat mudah, cukup memarut halus temulawak dan siram dengan air panas, peras hingga anda mendapatkan sarinya. Campurkan air perasan temulawak tersebut dengan gula jawa atau gula aren.

Berikan pada buah hati anda dengan rutin. Sebaiknya konsumsi jamu ini setidaknya 3 kali sehari, maka nafsu makan akan kembali seperti semula.

Itulah beberapa tips cara menambahkan nafsu makan pada anak secara alami yang bisa saya sampaikan. Semoga tips cara agar anak nafsu makan dan gemuk ini bisa membantu bunda yang sedang mencari ide atau solusi tersebut.

Semoga artikel " Cara Menambah Nafsu Makan pada Anak Secara Alami " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.