6 Tanda-Tanda Menstruasi Pada Perempuan

6 Tanda-Tanda Menstruasi Pada Perempuan
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Kesehatan Kesehatan Wanita Siklus Haid Tanda Menstruasi Pada Perempuan

Ketahui 6 Tanda-Tanda Menstruasi Pada Perempuan

6 Tanda-Tanda Menstruasi Pada Perempuan Dan Penyebabnya

Menstruasi sering juga disebut dengan haid ataupun datang bulan.

Dalam ilmu biologi ini dialami oleh wanita yang mulai beranjak dewasa karena hormon reproduksi sang wanita sudah berkembang dan siap dibuahi.

Jika tidak dibuahi maka ovum yang berada di dinding rahim akan luruh dan menjadi cairan merah darah, yang kita kenal dengan menstruasi.

Saya sarankan jangan terlalu khawatir karena ini adalah hal yang lumrah bagi kaum wanita lama kelamaan juga terbiasa.

Berbicara tentang tanda menstruasi berarti kita juga berbicara mengenai gejala pada saat menstruasi baru akan terjadi.

Jawaban dari pembahasan ini simple sebelum memasuki fase tersebut maka akan terjadi pematangan pada organ pertumbuhan (seks), seperti misalnya payudara kamu mulai secara tiba-tiba membesar, mulai ada rangsangan ketika melihat pria ganteng (nafsu), setelah hal ini terjadi maka puncaknya akan tiba saatnya kamu mengalami menstruasi ini.

Dan bagi yang sudah pernah mengalami menstruasi pasti akan mengalami tanda akan datangnya menstruasi seperti berikut 
BACA JUGA: Cara Mudah Menghitung Masa Subur Wanita Setelah Datang Bulan

1. Sakit

Saat menjelang menstruasi atau haid akan terasa sakit pada bagian tertetu di dalam tubuh kita.

Bagian tubuh tersebut adalah bagian perut, sakit dibagian kepala dan pingul ini menjadi tanda akan terjadinya fase datang bulan, namun perlu diketahui ada yang merasa sakit namun ada juga yang merasa nyeri di tempat tertentu seperti

2. Nyeri

Nyeri terjadi pada daerah kewanitaan. Ditunjukan dengan adanya tanda tertentu, seperti vagina kering dan sebagainya, dan juga jika akan terjadi menstruasi biasanya akan ada perubahan dalam bagian payudara seperti misalnya terasa lebih berat, lebih lembut dan halus dan sebagainya

3. Kram

Datang Bulan atau menstruasi dapat memicu kram pada bagian perut sehingga perut terasa berbeda dari biasanya.

Namun selain kram menstruasi juga dapat membuat perubahan dalam segi psikologis sang penderita seperti ganguan dalam beraktifitas, stress, susah fokus lebih lengkapnya dibawah

4. Perubahan Psikologi

PMS sering ditandai dengan naiknya emosi secara tinggi. Ternyata berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh ilmuan yang saya baca di artikel kesehatan, menstruasi itu dapat memicu perubahan tingkah laku atau suasana hati.

Sehingga tidak jarang wanita yang sedang haid itu cenderung mudah marah dan ini sering membuat masalah dalam hubungan pacaran.

5. Perubahan Porsi Makan

Menstruasi atau haid juga dapat mengubah pola hidup kamu. Termasuk pola makan, seperti makannya jadi lebih banyak dari biasanya bisa juga kebalikannya.

Terkadang hanya suka makanan tertentu seperti orang lagi mengandung, dan sering juga orang yang sedang datang bulan itu mudah haus atau mudah dehidrasi dengan kata lain mudah lelah.

6. Jerawat

Jerawat bukan hanya tanda kita sebagai perempuan memasuki era pubertas, namun juga dapat menandakan tanda menstruasi, hadi atau datang bulan akan terjadi.

Jerawat bisa timbul dalam jumlah banyak atau sedikit namun besar, mimpi buruk kita sebagai perempuan nih jadi kalau anda sudah mengalami gejala ini anda harus segera konsultasi ke dokter.

Semoga artikel " 6 Tanda-Tanda Menstruasi Pada Perempuan " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.