9 Cara Menghilangkan Nyeri Saat Haid Secara Cepat dan Alami

9 Cara Menghilangkan Nyeri Saat Haid Secara Cepat dan Alami
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Cara Menghilangkan Nyeri Saat Haid Secara Alami Cara Menghilangkan Nyeri Saat Haid Secara Cepat Obat Nyeri Haid Tips Mengatasi Nyeri Haid

9 Cara Menghilangkan Nyeri Saat Haid Secara Cepat dan Alami

9 Cara Menghilangkan Nyeri Saat Haid Secara Cepat dan Alami

Berikut 9 cara menghilangkan nyeri haid secara cepat dan alami:

1. Berbaring

Kamu dapat merebahkan tubuh terlebih dahulu di kasur atau sofa saat mulai terasa nyeri haid. Dengan berbaring maka rasa nyeri akan berkurang, karena biasanya rasa nyeri timbul pada bagian punggung.

2. Olahraga Secara Teratur

Olahraga ringan seperti berjalan, bersepeda, atau berenang akan mengurangi rasa nyeri saat haid. Namun, jangan terlalu memaksakan diri. Lakukan saja olahraga yang ringan dengan santai tapi dengan teratur akan lebih membantu.

3. Panas

Kompres pada daerah perut dengan menggunakan botol yang berisi air hangat, maka rasa nyeri akan berkurang. Dengan mengompres bagian perut akan membuatnya rileks dan otot-otot pun tidak menegang lagi.

4. Konsumsi Makanan Sehat

Berdasarkan penelitian, asam lemak omega 3, vitamin E, vitamin B6 dan B1, serta magnesium dapat mengurangi nyeri haid. Kamu dapat mengonsumsi sayur dan buah, seperti labu, ikan, dan makanan lain yang mengandung banyak protein nabati.
BACA JUGA: 

5. Menghindari Rokok Atau Alkohol

Kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol akan memperburuk keadaan, jadi hindarilah kebiasaan buruk tersebut.

6. Kegiatan Relaksasi

Pijatan kecil di bagian perut dapat membantu mengurangi rasa nyeri yang muncul. Kamu juga bisa melakukan pilates dan yoga untuk mengalihkan perhatian.

Relaksasi ini perlu dilakukan untuk menenangkan pikiran dari beban atau masalah yang dapat menambah rasa nyeri pada perut.

7. Mandi Air Hangat

Jika biasanya, kamu mandi dengan air dingin atau air biasa, maka gantilah dengan air hangat untuk sementara atau selama haid. Karena dengan mandi air hangat akan membuat santai tubuh kita, sehingga mengurangi rasa nyeri yang ada.

8. Minum Jamu

Di Indonesia, khususnya ibu-ibu banyak yang mempercayakan kesehatannya pada obat tradisional atau jamu. Karena cara menghilangkan nyeri haid dengan herbal memang kadang terbukti sangat ampuh dan efektif.

9. Konsultasikan Pada Dokter

Pilihan terakhir saat semua penanganan tersebut tidak memberikan manfaat untuk kamu adalah pergi ke dokter dan mengonsultasikannya. Meskipun rasa nyeri dialami oleh semua wanita saat haid, tapi apabila kamu sudah merasa bahwa rasa nyeri itu berlebihan dan mengganggu aktivitas kamu maka perlu adanya penanganan yang tepat.

Semoga artikel " 9 Cara Menghilangkan Nyeri Saat Haid Secara Cepat dan Alami " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.