Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Yang Tidak Diketahui Masyarakat Banyak

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Yang Tidak Diketahui Masyarakat Banyak
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Kesehatan Khasiat ketumbar untuk jantung Manfaat air rebusan biji ketumbar Manfaat biji ketumbar Manfaat biji ketumbar bagi kesehatan Manfaat ketumbar bagi kesehatan Manfaat ketumbar untuk diabetes

Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Yang Tidak Diketahui Masyarakat Banyak


Manfaat ketumbar bagi kesehatan. Ketumbar (coriandrum sativum) adalah salah satu jenis rempah yang tumbuh di Indonesia yang banyak digunakan sebagai bumbu masak setelah biji ketumbar dikeringkan.

Biasanya biji ketumbar utuh akan bertahan selama 1-2 tahun, tetapi bila digerus atau ditumbuk, bubuk ketumbar ini dapat bertahan hingga enam bulan.


Biji ketumbar ini merupakan tanaman herbal yang termasuk keluarga dari wortel (Umbelliferae) yang akar, batang, daun, serta buahnya memiliki aroma yang menenangkan.

Kandungan Nutrisi Pada Ketumbar


- 30 kalori
- 1,8 gram lemak
- 1,2 gram protein
- 5,6 gram karbohidrat
- 4 gram serat

Mengkonsumsi ketumbar dapat mendukung kebutuhan harian hingga 10 persen zat besi, 8 persen kalsium, 68 persen vitamin K, 4 persen vitamin C.

Manfaat dan Khasiat Ketumbar bagi Kesehatan


Berbagai penelitian telah dilakukan untuk menguak apa sih manfaat biji ketumbar bagi kesehatan itu. Namun kali ini yuk-simak mencoba memaparkan beberapa manfaat ketumbar bagi kesehatan, yaitu antara lain:

Mengatasi masalah pencernaan, mulai dari sakit perut, mual, diare, kejang usus, dan perut kembung.

Ketumbar juga bermanfaat untuk meredakan gejala campak, wasir, sakit gigi, cacingan, dan nyeri sendi, serta infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur.

Beberapa wanita menyusui menggunakan tanaman herbal ini untuk meningkatkan produksi ASI.

Ketumbar juga kaya akan zat besi yang bisa membantu menambah dan melancarkan peredaran darah dalam tubuh.

Manfaat ketumbar pada kesehatan untuk menangani sakit gigi, ambeien, campak, nyeri pada otot.

Bahkan dengan kombinasi beberapa tanaman herbal lainnya, ketumbar berkhasiat dalam pengobatan darah tinggi, mengobati lemah syahwat, mengobati perut kembung dan penyakit lainnya.

Ketumbar sebagai tanaman herbal ini tersedia dalam bentuk bubuk, tablet, sirup, dan minyak.

Efek Samping Konsumsi Ketumbar


Apakah ada efek samping yang ditimbulkan oleh ketumbar? Meskipun manfaat ketumbar tidak perlu diragukan lagi, tetapi tanaman herbal ini dapat menyebabkan beberapa efek samping, yaitu:
  1.  mual dan muntah
  2.  sakit kepala
  3.  sakit perut
  4.  anoreksia
  5.  reaksi alergi dan hipersensitivitas
Namun tidak semua orang mengalami efek samping tersebut, dan mungkin saja masih ada efek samping lain yang tidak kami dicantumkan di sini. Jika kamu memiliki kekhawatiran tentang efek samping tertentu, harap berkonsultasilah dengan dokter kamu.

Awasi konsumsi ketumbar dan kadar gula darah saat kamu mengonsumsi obat diabetes. Dan hentikan konsumsi ketumbar setidaknya 2 minggu sebelum operasi. Kedua hal ini sangat penting diperhatikan karena ketumbar dipercaya dapat menurunkan kadar gula dalam darah.

Perhatikan juga bagi pasien pengidap tekanan darah rendah dan orang-orang yang sedang menjalani pengobatan dengan obat penurun tekanan darah karena bahan ini dapat menurunkan tekanan darah.

Apa yang harus diketahui sebelum mengonsumsi ketumbar?


Ada beberapa hal yang harus kamu perhatian sebelum mengonsumsi ketumbar, yaitu antara lain:
1. Simpan tanaman herbal ini dalam wadah tertutup, jauh dari cahaya dan kelembapan.
2. Berhenti mengonsumsi tanaman herbal ini minimal 2 minggu sebelum jadwal operasi.
3. Tanaman herbal ini dapat menurunkan tekanan darah dan kadar gula darah.

Sebagai langkah pengaman, sebaiknya hindarilah mengkonsumsi ketumbar secara berlebihan untuk sementara waktu, dan selalu konsultasikan dengan ahli herbal atau dokter untuk informasi lebih lanjut.

Semoga artikel " Manfaat Ketumbar Bagi Kesehatan Yang Tidak Diketahui Masyarakat Banyak " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.