10 Tips Cantik Luar Dalam Menurut Islam Yang Mudah Dilakukan

10 Tips Cantik Luar Dalam Menurut Islam Yang Mudah Dilakukan
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Cantik luar dalam menurut ajaran islam Dunia Islami Kesehatan Ragam Rahasia Cantik Alami Menurut Islam Tips Cantik Bagi Muslimah Menurut Ajaran Islam Tips cantik luar dalam menurut islam

Rahasia dan Tips Cantik Luar Dalam Menurut Islam


Tips Cantik Luar Dalam Menurut Islam. Cantik merupakan impian setiap wanita didunia ini. Pada dasarnya semua wanita itu cantik, tidak ada yang jelek. Namun, definisi cantik itu relatif dari sudut mana kita memandangnya.

Cantik itu bukan hanya dari wajah namun juga dari dalam hati (Inner Beauty). Sehingga, tips cantik dalam Islam yaitu mereka yang memiliki wajah cantik dan memiliki hati yang bersih.


Tips Cantik Luar Dalam Menurut Islam


Setiap orang tentu memiliki standar kecantikan yang mereka idam-idamkan. Cantik itu alami, artinya cantik itu tanpa perlu menggunakan biaya mahal dan operasi plastik. Berikut beberapa  tips cantik dalam Islam yaitu:

1. Selalu Menyempatkan Diri Untuk Berwudhu dan Menjaga Sholat


Berwudhu merupakan salah satu syarat wajib sebelum melakukan ibadah sholat. Wudhu merupakan salah satu cara merawat wajah secara alami untuk menghilangkan kotoran dari hadast kecil, karena dengan air wudhu dan melakukan sholat dengan baik akan membuat wajah bersinar terang dan tidak terlihat kusam baik di dunia dan di akhirat.

Seperti hadist berikut yang di riwayatkan oleh al-Bukhari dan Muslim bahwa “Aku mendengar Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya umatku di panggil pada hari kiamat dalam keadaan ghurran muhajjilin (wajahnya bercahaya dan badannya bersinar) karena bekas air wudhu, maka barang siapa yang mampu memanjangkan ghurran hendaklah untuk melakukannya”.


2. Menebar Senyum


Senyum merupakan shodaqah. Karena senyum tidak hanya sebagai simbol akan keramahan seseorang, namun seseorang yang menebar senyum cenderung lebih bisa bersahabat dan bersosialisasi kepada orang lain. Dengan menebar senyum akan membuat wajah terlihat cantik, kulit terasa kecang, badan terasa ringan dan awet muda.

“Senyummu di hadapan saudaramu (sesama muslim) adalah (bernilai) sedekah bagimu.” (HR. Tirmidzi dan Ibnu Hibban).


3. Menghilangkan penyakit sombong, iri, dengki, dan pemarah




Penyakit hati yang ada dalam diri manusia haruslah dihilangkan. Sifat sombong, iri, dengki dan pemarah ini merupakan sifat yang melekat kepada manusia. Walaupun demikian penyakit hati yang dominan disebabkan karena tidak bisa mengontrolnya dengan baik, akan menyebabkan kecantikan yang di miliki itu hilang.

Dengan memeiliki hati yang baik akan memancarkan kecantikan yang baik pada diri seseorang. Seperti halnya hadist Rasulullah SAW yang di riwayatkan oleh al-Bukhari bahwa:

"Sesungguhnya di dalam jasad ada segumpal daging, jika ia baik, maka baik pula  seluruh jasadnya tersebut dan sebaliknya jika ia buruk maka buruk pula sluruh jasa itu. Ingatlah, bahwa Ia adalah hati.”


4. Melakukan sholat tahajud


Tidak hanya sholat wajib yang dapat memancarkan kecantikan, namun dengan sholat sunnah malam ( tahajud) juga dapat membuat cantik baik di luar ataupun di dalam. Seperti hadis riwayat dari Ibnu Majah bahwa:  

“Barang siapa yang banyak menunaikan sholat malam, maka wajahnya akan terlihat tampak dan cantik di siang harinya.”

5. Menyayangi Anak Yatim


Cantik bukan hanya soal fisik. Namun kecantikan hati seseorang juga akan terpancar dari kebaikan yang dilakukannya. Salah satu jalan kebaikan yang bisa dilakukan adalah dengan menyayangi anak yatim. Ada banyak keutamaan dari mencintai dan menyayangi anak yatim seperti firman Allah SWT berikut ini:

“Bukanlah menghadapkan wajahmu ke arah timur dan barat itu suatu kebajikan, akan tetapi sesungguhnya kebajikan itu ialah beriman kepada Allah, hari kemudian, malaikat-malaikat, kitab-kitab, nabi-nabi dan memberikan harta yang dicintainya kepada kerabatnya, anak-anak yatim, orang-orang miskin,” (QS. al-Baqarah 2:177).

6. Perbanyak Puasa Sunnah


Melaksanakan puasa sunnah akan semakin memperkokoh keimanan seseorang, sehingga ia dapat mengendalikan seluruh tindakannya. Sebagaimana sabda Rasulullah SAW, dalam hadist qudsi berikut ini:

“Hamba-Ku senantiasa mendekatkan diri pada-Ku dengan amalan-amalan sunnah sehingga Aku mencintainya. Jika Aku telah mencintainya, maka Aku akan memberi petunjuk pada pendengaran yang ia gunakan untuk mendengar, memberi petunjuk pada penglihatannya yang ia gunakan untuk melihat, memberi petunjuk pada tangannya yang ia gunakan untuk memegang, memberi petunjuk pada kakinya yang ia gunakan untuk berjalan. Jika ia memohon sesuatu kepada-Ku, pasti Aku mengabulkannya dan jika ia memohon perlindungan, pasti Aku akan melindunginya” (HR. Bukhari no. 2506).

7. Tidak banyak berbuat maksiat


Perbuatan maksiat akan membuat hati menjadi kotor dan penuh noda di dalamnya.Karena berbuat maksiat secara otomatis akan membuat kecantikan wajah dan hati semakin memudar. Sebagai manusia tidak bisa terhindar dari khilaf dan dosa, namun sebaik-baik manusia adalah ia yang menydari atas keselahan dosanya dan segera bertaubat.

"Seorang hamba jika telah melakukan kesalahan maka ia diberi titik hitam di dalam hatinya. Jika ia meninggalkannya dan bertaubat maka hatinya akan bersih. Jika ia kembali lagi berbuat maksiat maka akan kembali diberi titik hitam pada hatinya hingga tertutup.” Abu Hurairah.

8. Rajin merawat diri tanpa mengubah bentuk tubuh



Cantik bisa di peroleh dengan cara merawat diri, hal ini di lakukan sebagai bentuk rasa syukur  terhadap apa yang di ciptakan-Nya. Realita yang terjadi masih banyak orang yang ingin merawat diri dengan mengubah bentuk tubuh dan lain sebagainya. Oleh karena itu, rajin-rajinlah merawat diri dengan pola hidup yang baik, karena dalam islam dilarang untuk mengubah ciptaan-Nya.

“Dan pasti akan kusesatkan mereka, dan akan kubangkitkan angan-angan kosong pada mereka dan akan kusuruh mereka memotong telinga-telinga binatang ternak, lalu mereka benar-benar memotongnya, dan akan kusuruh mereka mengubah ciptaan Allah (lalu mereka benar-benar mengubahnya). Barang siapa menjadikan setan sebagai pelindung selain Allah, maka sungguh dia menderita kerugian yang nyata.” (QS: An-Nisa:119)

9. Pola Hidup Sehat


Kecantikan berkoherelasi dengan cara menjaga kesehatan hati . Seseorang yang sehat secara fisik pasti akan terlihat cantik dan segar. Rosulullah sendiri menganjurkan umatnya untuk menjaga pola hidup sehat. Seperti dalam hadist Dari Abu Hurairah dia berkata;

“Rasulullah saw bersabda: ‘Orang mukmin yang kuat lebih baik dan lebih dicintai oleh Allah swt daripada orang mukmin yang lemah." (HR Muslim).

10. Utamakan Kecantikan Hati daripada Fisik


Banyak yang mengejar kecantikan fisik semata. Sering dengan bertambahnya umur, kecantikan fisik akan mulai memudar. Namun kecantikan yang hakiki adalah hati yang bersih.

“Sesungguhnya Allah tidak melihat fisik kalian dan rupa kalian, tetapi Allah melihat hati kalian.” (H.R. Muslim).

Semoga artikel " 10 Tips Cantik Luar Dalam Menurut Islam Yang Mudah Dilakukan " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.