Yuk-Simak Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel Dengan Bahan Alami

Yuk-Simak Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel Dengan Bahan Alami
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel Jenis Komedo di Hidung dan Wajah Kesehatan Kesehatan Wanita Penyebab Komedo di Hidung dan Wajah

Cara Menghilangkan Komedo Hitam. Nyaris setiap orang pernah merasakan masalah kulit yang satu ini, orang orang berbondong bondong mencari obatnya. Komedo hitam atau kata lain disebut dengan black head adalah sebuah benjolan kecil berwarna hitam yang terdapat di bagian wajah, terutama di dekat hidung.


Penyebab utama Komedo hitam adalah adanya minyak alami secara berlebihan dan bercampur dengan kotoran, sehingga menyumbat pori-pori dan memunculkan komedo. Apabila komedo hitam ini hingga bersarang di wajah kita maka akan memunculkan kesan kotor dan jorok.

Penyebab Komedo di Hidung dan Wajah


Ada sejumlah hal yang mengakibatkan munculnya komedo di hidung dan wajah kita, diantaranya ialah :
  • Jenis kulit yang mudah berminyak, sebab type kulit ini mudah sekali muncul komedo. Kenapa komedo mudah muncul di kulit yang berminyak? Itu karena adanya minyak berlebihan dan berpotensi menyumbat pori-pori wajah
  • Kurang mencuci wajah ialah faktor kedua yang menjadi penyebab komedo di hidung dan wajah. Debu dan kotoran yang menempel di kulit wajah setelah melakukan kegiatan selama seharian sarat nantinya akan merangsang komedo. Sehingga untuk menangkal tentu kalian mesti rutin mencuci wajah setelah beraktivitas dan setelah tidur.
  • Menggunakan make up dan tidak mencuci dengan baik dan seksama sampai-sampai masih adanya sisa-sisa alas bedak, bedak padat, conceler pada wajah yang dapat mengakibatkan komedo.
Untuk menghilangkan komedo hitam ini dapat menggunakan produk produk yang beredar di pasaran. Namun supaya lebih aman, Anda dapat menggunakan ramuan tradisional berbahan dasar herbal alami untuk mengatasi hal ini.

Komedo adalah salah satu masalah yang banyak dialami oleh orang. Tentunya pengobatan komedo dibutuhkan cara-cara eksklusif contohnya seperti cara menghilangkan komedo secara alami dan perawatan dokter. Namun, sebelum mengambil tahapan untuk mengobati, kita juga harus memahami jenis komedo apa yang ada pada di wajah. Mari kita ulas satu per satu jenis komedo di hidung dan wajah secara lengkap.

2 Jenis Komedo di Hidung dan Wajah


Ada dua jenis komedo yang bisa muncul di hidung dan wajah yakni Blackhead atau komedo hitam dan Whitehead atau komedo putih.

Berikut keterangan blackhead dan whitehead secara lengkap :

1. Blackhead / Komedo Hitam 

Ialah salah satu jenis komedo di hidung dan wajah yang sifatnya terbuka. Blackhead biasanya di tandai dengan membesarnya folikel rambut yang diblokir oleh sekumpulan kotoran kulit dan sebum.
Biasanya komedo ini terlihat laksana pori-pori yang membesar dan menghitam, yang berwarna hitam tersebut ialah penyumbat pori yang sudah merasakan perubahan warna sebab teroksidasi dengan udara. Seseorang merasakan masalah pada wajah seperti komedo seringkali pada waktu remaja tetapi pada dasarnya komedo bisa menyerang insan di sekian banyak usia. Banyak mitos yang menuliskan bahwa blackhead ini mempunyai sifat menular, pasti hal ini tidak benar sebab blackhead diakibatkan oleh bakteri dan tentunya dapat disembuhkan.

2. Whitehead / Komedo Putih 

Whitehead Komedo yang sifatnya tertutup atau biasa dinamakan dengan Whitehead ialah sebuah keadaan media yang ditandai dengan membesarnya folikel rambut yang benar-benar terhalangi oleh sebum dan debris keratin. Whitehead ini sendiri seringkali mempunyai kulit yang tumbuh di atas pori-pori yang tersumbat hingga terlihat seperti sekumpulan tonjolan-tonjolan dalam ukuran kecil yang terdapat di bawah kulit. Warna komedo ini tetap berwarna putih sebab tidak terkena oleh oksigen, sehingga sebum dan debris tidak teroksidasi dan tetap memiliki warna yang alami yakni putih.

Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel


1. Menggunakan lidah Buaya

Lidah buaya mempunyai khasiat sebagai anti bakteri dan anti inflamasi. Selain tersebut Lidah Buaya pun mampu menghilangkan komedo yang membandel, tidak mengherankan jikatidak sedikit produk kosmetik memakai Lidah Buaya sebagai bahan dasar produk mereka. teknik membuatnya pun lumayan mudah sekali.
  • Sediakan 1 batang lidah buaya yang telah cuci hingga bersih,
  • Lalu potong lidah buaya tersebut
  • Kemudian oleskan lendir lidah buaya pada hidung yang berkomedo atau wajah 
  • Diamkan sekitar 15 hingga 20 menit lalu basuh muka memakai air yang bersih Sebelum menggunakan teknik ini usahakan cuci muka terlebih dahulu sampai bersih menggunkan air hangat 

2. Dengan buah Lemon

Selain berfungsi untuk menambah kekebalan tubuh dan mengawal kesehatan. Buah Lemon pun mampu mengobati dan menghilangkan komedo dan bekas jerawat. Jika Kamu melakukan cara ini secara teratur Komedo bakal hilang secara permanen.

Caranya :
  • Pertama bersihkan dahulu wajah dengan air hangat
  • sediakan 1 buah Lemon yang telah dipotong-potong
  • Setalah itu pakai irisan lemon itu untuk digosokkan pada wajah paling tidak selama 5 menit.
  • Kemudian bilas wajah memakai air dingin

3. Menghilangkan Komedo dengan pasta gigi

Di samping untuk mencuci gigi, Pasta gigi ternyata juga dapat menghilangkan komedo membandel di wajah. Cara menghilangkan komedo dengan pasta gigi ini lumayan mudah, metodenya seperti ini
  • Siapkan 1 sdt garam dan 1 sdt pasta gigi mint
  • Campurkan kedua ramuan itu dan aduk secara merata 
  • Gunakan kombinasi tersebut untuk dioleskan pada hidung dan wajah yang berkomedo 
  • Lalu biarkan sampai 6 menit
  • Setelah itu, pijat wajah yang telah dilumuri pasta gigi secara lembut Lalu cuci wajah sampai bersih Untuk menutupi pori pori kulit, pakai sendok dingin yang telah dimasukkan ke dalam kulkas, kemudian ketuk-ketukan pada wajah dan hidung 

4. Menghilangkan Komedo dengan Madu

Khasiat madu untuk keelokan sudah tidak butuh diragukan lagi. Untuk mengatasi komedo memakai madu ialah sebagai berikut.
  • Siapkan 1 sdm Madu Lalu madu itu dihangatkan lebih dulu 
  • Setelah hangat, oleskan madu itu di lokasi wajah yang berkomedo 
  • tunggu selama sejumlah menit 
  • Kemudian bilas sampai bersih

5. Masker putih telur

Disamping bisa meremajakan kulit wajah, putih telur pun mampu menghilangkan komedo di wajah.

Cara membuatya pun sederhana.
  • Pertama cuci bersih wajah dengan air hangat
  • Kemudian oleskan putih telur memakai tangan yang bersih, plastik atau kuas
  • Biarkan masker putih telur tersebut sekitar 10-20 menit 
  • kemudian cuci dengan air hangat terakhir, 
  • bilas kembali dengan air dingin supaya pori pori kulit tertutup
6. Pala dan susu

Cara menghilangkan komedo secara alami selanjutnya adalah dengan mengoleskan campuran satu sendok makan susu dengan butiran-butiran kecil biji pala ke permukaan wajah. Kemudian, gosok-gosok wajah dengan lembut untuk mengangkat kulit mati dan kotoran. Gunakan air hangat untuk membersihkan wajah.

7. Lemon dan garam

Cara menghilangkan komedo secara alami yang terakhir adalah menggunakan campuran lemon dan garam. Aduk air perasan jeruk lemon dengan satu sendok garam, satu sendok teh yoghurt tanpa rasa, dan sedikit madu hingga rata.

Oleskan campuran tersebut ke permukaan wajah dan diamkan selama 2-3 menit. Bersihkan wajah dengan air hangat. Lemon dan tekstur garam yang kasar dipercaya mampu membantu menghilangkan kotoran yang terpendam dalam pori-pori wajah.

8. Tea tree oil

Minyak pohon teh atau tea tree oil dipercaya dapat menghilangkan komedo. Caranya, oleskan langsung ke daerah yang terdapat komedo. Tea tree oil bekerja dengan cara  membunuh bakteri dan kotoran penyebab komedo menumpuk.

Beberapa produk perawatan seperti sabun dan krim yang beredar di pasaran ada yang mengandung tea tree oil. Selain itu tea tree oil juga tersedia sebagai minyak esensial.

9. Masker tanah liat

Masker tanah liat dapat menjadi cara menghilangkan komedo secara alami yang bisa Anda coba. Masker tanah liat sering kali dianggap sebagai produk yang cocok untuk kulit berminyak. Hal itu berdasarkan pada manfaatnya yang dapat menyingkirkan kotoran, minyak, dan elemen lain dari pori-pori Anda.

Semoga artikel " Yuk-Simak Cara Menghilangkan Komedo Hitam Membandel Dengan Bahan Alami " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.