Yuk-Simak Tips Sederhana untuk Merawat Vagina Saat Cuaca Panas yang Harus Kamu Lakukan

Yuk-Simak Tips Sederhana untuk Merawat Vagina Saat Cuaca Panas yang Harus Kamu Lakukan
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Cara Merawat Vagina Saat Cuaca Panas Kesehatan Kesehatan Wanita Membersihkan Vagina Dengan Benar Menjaga Kesehatan Vagina Saat Cuaca Panas Tips Sederhana Untuk Merawat Vagina Saat Cuaca Panas

Rupanya ini tips sederhana untuk merawat vagina saat cuaca panas yang harus kamu lakukan.

Cuaca yang panas dapat memicu perkembangan jamur semakin cepat, tak hanya kulit saja, organ intim pun butuh akan perawatan dan perhatian khusus. Selain itu juga kamu harus mengetahui hal-hal berbahaya yang jangan sampai kamu lakukan pada vagina kamu.

Oleh karena itu, vagina sangat perlu diperhatikan dan rawat agar tetap sehat sehingga terhindar dari masalah-masalah vagina seperti gatal ataupun ruam.


Yuk simak beberapa tips sederhana cara merawat vagina saat cuaca panas, agar kesehatan bagian sensitif kamu tetap aman dan sehat.

1. Hindari Memakai Celana yang Terlalu Ketat

Cara pertama yang dapat kamu lakukan untuk menjaga kesehatan vagina saat cuaca panas adalah hindari memakai celana yang terlalu ketat. Hal ini akan membuat kulit kamu mengalami gesekan, sehingga mempermudah iritasi muncul. Selain itu memakai celana yang terlalu ketat akan membuat organ intim menjadi tidak bisa "bernapas", sehingga vagina menjadi lembab dan berakibat memicu bakteri bersarang di area tersebut. Bukan hanya dapat membuat vagina kamu menjadi gatal, bakteri dan kuman yang berada disekitarnya juga dapat menimbulkan bau tak sedap.

Skinny jeans  memang menjadi salah satu item fashion favorit para wanita, tapi saat cuaca panas sebaiknya kamu mengurangi penggunaan skinny jeans.

2. Menggunakan Celana Dalam Katun

Bahan katun merupakan bahan celana yang disarankan para ahli untuk wanita gunakan. Karena menggunakan celana dalam yang tidak berbahan katun akan membahayakan vagina kamu, seperti timbulnya bau tak sedap serta penyakit vagina lainnya.

Meskipun demikian, masih banyak wanita menggunakan bahan lain seperti bahan sintetik atau thong hanya karena bentuknya yang unik dan lucu.

Selain itu kamu dapat menggunakan ukuran yang lebih besar untuk memaksimalkan aliran udara dan mengurangi iritasi. Maka daripada itu, mulai sekarang gunakan celana dalam berbahan katun yang dianjurkan para ahli untuk dipakai, demi kesehatan vagina kamu terutama saat cuaca panas.

3. Gantilah Celana Dalam Usai Olahraga

Bagi kamu yang selalu berolahraga, tips ini harus kamu perhatikan. Jika kamu malas mengganti celana dalam sehabis berolahraga, sudah pastilah bakteri-bakteri akan senang bersarang di celana dalam kamu yang lembab itu.

Oleh karena itu segeralah mengganti celana dalam kamu setelah melakukan olahraga, terlebih saat cuaca panas, dan jangan lupa untuk membersihkan vaginamu dengan benar saat mandi ya.

4. Membersihkan Vagina dengan Benar

Organ kewanitaan kamu akan cepat menjadi lembab saat cuaca panas. Kondisi ini dapat membuat bakteri dan kuman bersarang dengan nyaman. Oleh karena itu, sangat disarankan agar kamu dapat membersihkan vagina dengan benar.

Membersihkan vagina tidak perlu hingga ke dalam, tetapi hanya bersihkan bagian vulva-nya saja dengan lembut saat mandi. Tujuannya adalah untuk menghilangkan kotoran, keringat, bakteri, dan kuman.

5. Cucilah Handuk Secara Teratur

Mencuci handuk secara teratur dan berkala sangat membantu akan kebersihan vagina kamu. Karena jika tidak maka perkembangan bakteri yang menumpuk di sana dapat menyebabkan infeksi jamur berulang.

Semoga artikel " Yuk-Simak Tips Sederhana untuk Merawat Vagina Saat Cuaca Panas yang Harus Kamu Lakukan " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.