Yuk-Simak Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami

Yuk-Simak Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Cara Mengatasi Rambut Rontok Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami Kesehatan Penyebab Rambut Rontok

Di samping rambut berketombe dan kering, masalah pada rambut yang sering dirasakan oleh lelaki maupun wanita ialah rambut rontok. Semua orang tentu pernah merasakan rambut rontok. Masalah ini merupakan masalah yang normal jika kehilangan hanya 100 helai rambut per hari. Namun, andai berlebihan tentu pertanda buruk karena dapat menjadi kebotakan.

Ada sejumlah cara yang bisa menyembuhkan rambut rontok tersebut, diantaranya dengan menggunakan shampo rambut rontok yang di sediakan di apotik ataupun di pasara, atau bisa juga dengan memakai vitamin untuk rambut rontok.


Tapi sebelum kamu memutuskan untuk membeli sampho, kamu bisa mencoba untuk mengatasi rambut rontok dengan bahan alami. Ternyata ada sejumlah bahan-bahan alami dari tumbuh-tumbuhan atau herbal yang dapat kamu manfaatkan sebagai obat rambut rontok, seperti kemiri, lidah buaya, daun seledri, dan lainnya.

Dengan kombinasi bahan bahan alami ini akan menghasilkan obat tradisional rambut rontok yang ampuh. Penasaran dengan cara mengatasi rambut rontok secara alami? Yuk-simak ulasannya berikut ini.

Penyebab Rambut Rontok


Sebelum ke cara mengatasi rambut rontok secara alami, ada baiknya kita memahami apa penyebab dari masalah rambut rontok, diantaranya :

Perubahan Hormon

Perubahan hormon yang dalam dunia medis dikenal dengan alopesia androgenetik biasanya rambut dengan pemyebab ini terjadi pada lelaki di atas 50-an dan juga pada wanita yang sudah melewati masa menopause.

Sebuah hormon yang berperan dalam merontokan rambut ialah hormone dihydrotesterone (DHT). Hormon ini akan mengakibatkan folikel rambut mengecil, jika terus menerus akan mengakibatkan rambut rontok.

Pada pria, pola kerontokan dampak hormon ini mempunyai sifat khas, yakni menyusun lengkungan khas pada kedua sisi pelipis. Seiring berjalannya waktu, garis rambut bakal berbentuk laksana huruf "M". Di samping di pelipis, puncak kepala pun akan merasakan kerontokan, sampai-sampai menjadi rontok rambut total.

Bentuk kerontokan yang bertolak belakang akan terjadi pada wanita. Kerontokan dampak hormon pada perempuan akan terjadi di semua bagian rambut, tidak terpusat di wilayah tertentu saja. Kerontokan pada wanita pun jarang sekali memunculkan penipisan rambut di bagian-bagian tertentu.


Kerontokan Rambut Karena Alasan Lain

Selain sebab perubahan hormon, kerontokan rambut juga dapat terjadi dampak kondisi-kondisi tertentu, seperti:

1. Pengaruh gizi.

Asupan gizi yang buruk dapat mengakibatkan helai rambut yang tumbuh menjadi lebih tipis dan rapuh.

2. Zat kimia.

Rambut yang terlalu sering ke salon dengan menjalani proses kimia lebih rawan terjadi kerontokan. Sering mengecat rambut dan meluruskannya secara permanen menciptakan batang rambut menjadi lebih rentan patah.

3. Hipertiroidisme Diabetes, dan sindrom Down.

Ketiga situasi ini dapat menyebabkan kerontokan yang dinamakan alopesia areata yang ditandai dengan pitak seukuran koin besar. Kerontokan ini seringkali terjadi pada remaja serta kalangan dewasa muda. Namun mayoritas rambut penderitanya bakal kembali tumbuh sesudah satu tahun.

Akibat dari obat-obatan. Kerontokan rambut juga dapat disebabkan oleh obat-obatan yang sering di minum untuk mengobati depresi, arthritis, gangguan jantung, serta tekanan darah tinggi.

4. Tekanan psikologis.

Tekanan psikologis (misalnya stres) dapat menyebabkan penderita merasakan penipisan rambut di kepala. Namun kerontokan jenis ini seringkali hanya mempunyai sifat sementara.

5. Penyakit kulit dan autoimun tertentu.

Penyakit kulit yang mengakibatkan terbentuknya tukak dan sebanyak penyakit autoimun dapat menyebabkan kerontokan permanen.

6. Pengobatan Kanker.

Kemoterapi, imunoterapi, dan radioterapi dapat mengakibatkan jenis kerontokan rambut yang dinamakan anagen efluvium (kerontokan menyeluruh). Kerontokan ini pun bisa dominan pada kulit kepala, wajah, dan tubuh. Namun beberapa besar permasalahan ini tidak mempunyai sifat permanen. Rambut seringkali dapat tumbuh kembali setelah beberapa bulan berhenti menjalani kemoterapi.

Cara Mengatasi Rambut Rontok


1. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Lidah Buaya

Mengobati rambut rontok berlebihan dan parah dapat dengan memakai tanaman lidah buaya. Kandungan dalam lidah buaya ternyata tak cuma mampu menciptakan rambut menjadi lebih sehat, tetapi pun lebih powerful dan dapat merangsang perkembangan rambut pada kulit kepala kamu. Berikut cara mengatasi rambut rontok secara alami dengan lidah buaya, yaitu:
  • Sebelum menerapkan teknik ini basahi dulu rambut kamu dan tunggu sampai separuh kering.
  • Setelah tersebut usapkan lendir yang ada pada unsur daging lidah buaya.
  • Usapkan pada rambut dan kulit kepala anda, biarkan 15 sampai 20 menit. 
  • Lakukan ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu.

2. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Kemiri

Mengobati rambut rontok parah dan berlebihan yang ampuh yakni dengan kemiri. Kandungan minyak kemiri dapat membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat dan dapat mengatasi masalah kerontokan rambut. Di samping itu, Kandungan minyak kemiri dapat membuat akar rambut menjadi lebih kuat, dan dapat merangsang rambut guna tumbuh pada unsur kulit kepala anda. 
Berikut ini teknik mengatasi rambut rontok secara alami dengan kemiri, yakni:
  • Sangrai kemiri yang telah ditumbuk kasar.
  • Setelah disangrai lantas tumbuk hingga halus dan menerbitkan minyak.
  • Selanjutnya usapkan minyak kemiri itu pada rambut anda.
  • Langkah terakhir yaitu keramas dengan shampo supaya rambut kamu bersih.

3. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Daun Seledri

Daun seledri atau daun sop manfaatnya berguna bagi kesehatan rambut. Dengan meramu daun seledri dengan teh hijau dapat menjadi kombinasi obat alami rambut rontok yang ampuh. Hal tersebut karena kandungan dua bahan alami itu tinggi nutrisi yang diperlukan rambut laksana vitamin A, vitamin B dan Zat besi yang terbukti ampuh menguatkan akar rambut.
Berikut ini teknik mengatasi rambut rontok secara alami dengan daun seledri, yaitu:
  • Seduh teh dan daun seledri dalam gelas.
  • Oleskan seduhan teh dan daun seledri tersebut lengkap pada rambut, sambil melakukan pemijatan lembut supaya meresap.
  • Tutupi kepala atau rambut dengan handuk yang sebelumnya sudah direndam air lemon hangat.
  • Biarkan sekitar setengah jam, lantas bilas dengan air sampai bersih.


4. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Buah alpukat

Buah alpukat adalah salah satu bahan alami yang dapat dibuat menjadi obat rambut rontok parah. Cara mengatasi rambut rontok dan kering dengan alpukat paling mudah, yakni dengan membuatnya menjadi masker rambut. Manfaat masker alpukat guna rambut antara lain menguatkan rambut dan memberi nutrisi pada rambut rontok sehingga menangkal kerontokan kian parah. Di samping itu, dapat membantu memicu pertumbuhan rambut.
Cara membuat masker alpukat guna mengobati rambut rontok dan kering paling mudah, yaitu :
  • Dengan menghaluskan buah alpukat lantas balurkan pada rambut serta kulit kepala anda. 
  • Diamkan 20 menit kemudian bilas dengan shampo supaya bersih.

5. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Yogurt

Yogurt adalah salah satu bahan yang dapat dipakai untuk mengobati masalah kerontokan rambut yang parah dan berlebihan. Kandungan pada yogurt mempunyai nutrisi yang baik untuk mencairkan rambut rontok.
Cara mengatasi rambut rontok dengan yogurt tidak sulit, yakni 
  • Dengan mengoleskannya pada unsur kulit kepala dan biarkan 10 sampai 15 menit. 
  • Terapkan teknik ini 2 sampai 3 kali dalam seminggu hingga kamu mendapatkan hasil yang kamu inginkan.

6. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Minyak Esensial


Cara mengatasi rambut rontok berlebihan yang ampuh lainnya yakni dengan menggunakan jenis minyak essensial. Beberapa minyak esensial yang terbukti dapat mengatasirambut rontok yakni laksana minyak zaitun, minyak wijen, dan minyak kelapa. 
  • Kamu bisa membalurkan minyak esensial pada rambut dan kulit kepala kamu secukupnya dan lakukan pula pemijatan. 
  • Penerapan secara teratur 2 kali dalam seminggu dapat menyerahkan hasil yang maksimal.

7. Cara Mengatasi Rambut Rontok Dengan Bawang putih

Bawang putih adalah bahan alami yang bisa bermanfaat sebagai obat rambut rontok parah. Cara mengatasi rambut rontok dengan bawang putih dapat dilakukan sendiri di rumah dengan mudah, yakni 
  • Dengan menghaluskan bawang putih dan pakai sebagai masker rambut. 
  • Setelah dibalurkan tunggu selama beberapa menit
  • Dan tahapan terakhir yaitu keramas memakai shampo supaya rambut kamu bersih.

Silahkan pilih cara mengatasi rambut rontok berlebihan secara alami diatas mana yang lebih baik dan cocok untuk kamu.

Semoga artikel " Yuk-Simak Cara Mengatasi Rambut Rontok Berlebihan Secara Alami " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.