Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami dan Paling Ampuh

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami dan Paling Ampuh
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami Kesehatan Obat Sakit Gigi Alami Cepat Sembuh Penyebab Gigi Berlubang

Seperti anggota tubuh lainnya, gigi juga mempunyai jaringan, pembuluh darah, dan sara saraf sensitive yang dinamakan dengan pulpa gigi. Jika pulpa gigi mengalami peradangan , maka sakit gigi akan menyerang gigi kamu.


Peradangan yang di timbulkan bisa ringan ringan saja, atau bahkan bisa juga sampai parah hingga mengalami pembengkakan di sekitar gigi. Ada beberapa faktor yang menyebabkan peradangan pada pulpa gigi, diantaranya seperti menumpuknya nanah di dasar gigi akibat infeksi bakteri, gigi retak, gigi berlubang, penyusutan gusi, bisa juga karena adanya gigi terjepit dengan gigi lain saat tumbuh gigi baru.

Bagi mereka yang menderita sakit gigi dampak gigi berlubang seringkali dapat menimbulkan fenomena seperti timbul rasa sakit pada area gigi dan rahang, pembengkakan, sakit kepala dan bahkan demam.

Rasa nyeri sakit gigi dapat bermacam-macam, mulai dari tingkat ringan sampai berat. Di samping itu, rasa nyeri dapat muncul tiba tiba, dan juga hilang seketika bahkan berulang ulang. Tentu saja sakit gigi akan sangat mengganggu aktivitas kamu, pekerjaan kamu tidak nyaman dan tidak selancar seperti sebelumnya.

Oleh karena itu bagi kamu yang mudah terserang atau sering kali terserang dengan penyakit ini, kali ini kami akan membagikan cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami. Tentunya cara ini aman tanpa ada efek samping.

  • Penyebab gigi berlubang

Sebelum ke pembahasan cara mengobati sakit gigi berlubang, ada beberapa faktor penyebab gigi berlubang yang harus kamu ketahui, agar kamu bisa menghindar dari gigi berlubang.
  1. Bakteri.
  2. Timbulnya plak pada gigi
  3. Pola santap yang tidak sehat
  4. Tidak menyimak kesehatan mulut
  5. Merokok
  6. Mengkonsumsi alcohol
  7. Mulut kering
  8. Gusi surut
  9. Cara Menyikat gigi yang tidak benar

  • Cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami.

Beberapa bahan alami ini bisa kamu gunakan untuk mengobati sakit gigi berlubang juga sakit yang dialami anak-anak, diantaranya :

1. Air garam hangat

Memang benar air garam, baik itu dingin ataupun hangat, tetap saja asin dan tidak enak. Tetapi di balik rasa asin ini, terdapat manfaat yang bisa mengobati sakit gigi berlubang.Garam memiliki kandungan yodium yang bisa membantu meredakan rasa nyeri sakit gigi. Yang terpenting lakukan secara teratur, jangan hanya sekali pakai saja, itu tidak efektif.

Caranya :
  1. Larutkan 3-4 sendok santap garam halus ke dalam segelas air hangat.
  2. Kemudian aduk sampai garam larut dengan air dengan sempurna.
  3. Setelah itu, pakai larutan air garam itu untuk berkumur-kumur dan kerjakan selama satu menit.
  4. Lakukan masing-masing malam sebelum istirahat setelah kamu menggosok gigi.

2. Bawang putih

Bawang putih bisa adalah bahan alami antiseptik yang dapat membunuh bakteri dan kuman penyebab sakit gigi, bawang putih ini sudah diandalkan sejak jaman dulu sebagai obat sakit gigi tradisional. Jadi kamu tidak perlu khawatir pengobatan dengan bawang putih ini.

Caranya :
  1. Siapkan 1 siung bawang putih, kemudian kupas kulitnya dan haluskan.
  2. Setelah itu, tempelkan atau masukan ke dalam gigi yang berlubang dan diamkan sekitar 10 menit.
  3. Kemudian, bersihkan dengan berkumur memakai air hangat.
  4. Untuk menemukan hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan garam halus saat menghaluskan bawang putih ini.
  5. Lakukan teknik ini hingga sakit gigi sembuh.
3. Obati Dengan Belimbing wuluh

Bukan hanya bawang putih, belimbig wuluh pun bisa kita gunakan sebagai alternative penyembuhan sakit gigi berlubang. Belimbing wuluh memiliki kandungan antibacterial yang dapat membasmi bakteri dan kuman sakit gigi.

Caranya :
  1. Siapkan belimbing wuluh 1-2 biji
  2. pastikan memilih yang telah matang.
  3. Setelah itu, haluskan dengan ditumbuk atau di blender.
  4. Kemudian tempelkan pada unsur gigi yang sakit atau dengan cara memasukannya pada unsur gigi berlubang.
  5. Setelah itu, diamkan selama paling tidak 10 menit dan bersihkan dengan teknik kumur-kumur memakai air hangat.
  6. Untuk hasil maksimal, pakai air garam hangat guna kumur-kumur.
4. Obati Dengan Cengkeh

Cengkeh sangat banyak sekali di jual di pasaran, jadi kamu tidak perlu khawatir mencari bahan alami ini. Minyaak cengkeh ini bisa kamu gunakan sebagai obat sakit gigi berlubang. Cengkeh memiliki kandungan anti-iflamasi yang tinggi , dengan kandungan inilah sakit gigi berlubang bisa teratasi.

Caranya :
  1. Siapkan minyak cengkeh secukupnya.
  2. Teteskan minyak cengkeh itu pada kapas,
  3. Kemudian oleskan atau tempelkan pada unsur gigi yang sakit atau tempelkan kapas pada gigi yang berlubang.
  4. Biarkan minyak terserap dan diamkan sekitar 30 menit, 
  5. Kemudian bersihkan dengan teknik berkumur memakai air hangat.
  6. Untuk hasil lebih maksimal, kamu bisa mencampurkan 1 sendok santap minyak cengkeh ke dalam segelas air hangat yang diberi 2 sendok garam. Aduk sampai larut dan pakai untuk kumur-kumur.
5. Obati Dengan Lada atau merica

Bahan alami ini bisa kamu temukan dengan mudah dirumah, bukan hanya untuk bumbu masak, bahan ini bisa kita jadikan sebagai obat sakit gigi berlubang.

Caranya :
  1. Pertama Siapkan lada bubuk 1 sendok teh dan 1 sendok teh garam dapur.
  2. Kemudian, tambahkan air dan aduk sampai membentuk pasta.
  3. Kemudian pakai pasta itu dengan mengoleskannya pada unsur gigi yang sakit atau menempelkannya pada gigi yang berlubang.
  4. Diamkan selama paling tidak 15 menit atau sampai sakit gigi reda.
  5. Setelah itu, bersihkan dengan berkumur memakai air hangat.
6. Obati Dengan Biji Asam Jawa

Biji asam jawa adalah bahan obat tradisional guna sakit gigi yang sudah diandalkan sejak ratusan tahun lalu. Biji asam jawa ini dapat menyerap dan memberantas bakteri yang menumpuk di dalam mulut dan gigi, bahkan obat sakit gigi tradisional ini pun efektif untuk meminimalisir rasa sakit dan nyeri pada gigi.

Caranya :
  1. Pertama-tama siapkan sejumlah biji asam jawa, kemudian sangrai sampai kering.
  2. Setelah itu, haluskan biji asam jawa itu dengan teknik ditumbuk sampai halus dan tambahkan tidak banyak air hangat.
  3. Aduk sampai membentuk pasta, lalu pakai pasta itu dengan teknik menempelkannya pada gigi yang sakit atau pada lubang di gigi yang sakit.
  4. Diamkan selama sejumlah menit. Lalu bersihkan dengan teknik kumur-kumurmemakai air garam hangat.
7. Obati Dengan Serai

Bagi semua ibu yang gemar memasak, pastinya tidak asing lagi dengan nama di antara bahan bumbu dapur yang satu ini. Serai tidak cuma bisa dipakai untuk menambah wewangian khas pada masakan,namun juga dapat kita gunakan sebagai bahan untuk menciptakan obat sakit gigi berlubang tradisional.

Caranya :
  1. Siapkan 1 batang serai, kemudian seduh atau rendah di dalam segelas air panas yang telah dibaur 2 sendok santap garam halus.
  2. Kemudian, biarkan air itu hangat dan siap dipakai untuk berkumur.
  3. Lakukan kumur-kumur memakai air itu selama beberapa kali sampai air habis, saat berkumur tahan selama bebeapa menit di dalam mulut.
Beberapa cara mengobati sakit gigi berlubang secara alami diatas bisa kamu gunakan juga untuk menghilangkan bau mulut tak sedap. Silahkan kamu pilih cara mana yang palin cocok, selamat mencoba cara mengobati sakit gigi berlubang dan semoga berhasil.

Semoga artikel " Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Secara Alami dan Paling Ampuh " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.