100++ Kata Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan Sebagai Penguat Hidup

100++ Kata Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan Sebagai Penguat Hidup
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Dunia Islam Kata Bijak Islami Tentang Kehidupan Dunia Kata Bijak Islami Tentang Kehidupan Dunia Akhirat Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan Renungan Islami

Hidup merupakan proses yang terus maju dan berkembang. Kita pun sebaiknya termotivasi untuk beradaptasi dengan perubahan sekecil apapun. Namun bukan berarti kita jadi orang yang plin-plan atau berkepribadian tak jelas menghadapai segala sesuatunya.


Kita harus menunjukkan sikap, dan sesuaikan sikap kita terhadap keadaan yang sedang berlangsung. Dengan begitu, kita tak akan stres menghadapi perubahan yang terjadi dan dapat menyikapinya dengan bijaksana.

Kata mutiara islam ini digunakan untuk menjadikan seorang muslim agar lebih taat lagi dalam menjalankan syariat islam.

Berikut adalah kata mutiara islami tentang kehidupan sebagai penguat hidup yang kali ini saya akan sedikit berbagi beberapa kata mutiara islam yang isyaallah akan menambah semangat kalian dalam beribadah.

Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan


“Jangan bersedih. “ Sesungguhnya pertolongan akan datang bersama kesabaran”. (HR. Ahmad)”

“Aku percaya, takdir Allah pastilah yang terbaik untukku, dan untukmu juga”

“Rugi sekali jika seorang pria melepas wanita yang cantik akhlaknya hanya demi mengejar wanita yang cantik wajahnya”

“Jika sayang orang tua, taati Allah, maka orang tua kita akan disenangi Allah, disayang Allah, itulah sebenar-benar balasan kita pada orang tua”

“Kunci hidup bahagia adalah Jalani, Nikmati dan Syukuri”

“Kamu tidak berhak mengeluarkan air mata untuk seseorang yang belum halam bagimu”

“Jangan menyerah saat do’a-do’amu belum terjawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta”

“Jangan salahkan orang ketika kamu kecewa, tapi salahkan dirimu sendiri karena terlalu berharap sesuatu yang belum pasti”

“Maafkan aku andai apa yang aku tulis dan aku share tentang ilmu agama tidak sesuai dengan coberku dan kehidupanku yang asli”

“Balaslah keburukan dengan kebaikan”


“Kekayaan bukanlah dengan banyaknya harta, namu kekayaan adalah hati yang selalu merasa cukup”

“Awali hari dengan Bismilah, Optimis dan Tawakal, insyaallah harimu akan berkah”

“Bila hijrahmu karena Allah, kamu akan terus melangkah walaupun sudah lelah”

“Apapun profesimu syukuri nikmati dan jalankan tugasmu dengan ikhlas”

“Meminta maaf tak perlu menunggu momen lebara, meminta maaflah ketika berbuat salah”

“Allah menguji kita dengan sesuatu yang kita cintai, maka janganlah berlebihan mencintai, agar sedihpun tidak berlebihan”

“Aku berhijab bukan karena pandai ilmu agama, tapi aku berhijab karena mentaati perintah Allah”

“Jangan tunggu kaya untuk bersedekah, sebalikanya bersedekahlah untuk membuka pintu rezeki dan harta”

“Lelaki baik akan memberimu cinta yang baik membawamu pada sesuatu yang baik dan menjadikan dirimu lebih baik”

“Simpel aja mikirin jodoh, bila saat ini belum juga datang artinya kamu belum membutuhkannya, meski perasaan menggebu-gebu”

“Jangan mati-matian menghias diri untuk menjadi seperfect mungkin. Padahal yang kamu harus selalu jaga dan perbaiki adalah kualitas diri bukan kualitas fisik”

“Tak peduli seberapa banyak orang yang senang menggosipimu, cukup diam dan dengarkan saja, sesungguhnya dia sedang memberimu pahala”

“Makanan yang terjatuh cukup dibersihkan, jangan dibuang”

“Apapun alasan tak menutup aurat, semoga penyesalah itu datang sebelum ajal menjemput kita”

Kata Mutiara Islami dari Sahabat Rasullullah SAW


"Kehidupan itu cuma dua hari. Satu hari untukmu dan satu hari melawanmu. Maka pada saat ia untukmu, jangan bangga dan gegabah; dan pada saat ia melawanmu bersabarlah. Karena keduanya adalah ujian bagimu." Ali bin Abi Thalib

"Jika engkau berharap berkah dari Tuhan, berbuat baiklah pada umatnya." Abu Bakar

"Jangan pernah membuat keputusan saat marah. Dan jangan pernah berjanji saat Kau bahagia."
Ali bin Abi Talib

"Andai manusia meninggalkan amal setiap kali menjumpai kesulitan, tidak akan tegak dunia dan agama mereka." Umar bin Khatab

"Kehidupan dunia dan akhirat di hati seorang manusia ibarat dua skala keseimbangan, ketika salah satunya menjadi berat, maka yang lain akan menjadi ringan." `Amr ibn Abdullah


"Jika Allah berkehendak sesuatu, maka jadilah." Khalid bin Walid

"Terkadang orang orang dengan masa lalu yang buruk bisa menciptakan masa depan yang cerah." Umar bin Khattab

"Jalanilah kehidupan di dunia ini tanpa membiarkan dunia hidup di dalam dirimu, karena ketika perahu berada di atas air, ia mampu berlayar dengan sempurna, tetapi ketika air masuk ke dalamnya, perahu itu tenggelam." Ali bin Abi Thalib RA

"Jangan jadi orang yang terlalu keras, Kau bisa hancur. Jangan juga jadi terlalu lembut, Kau bisa diperah." Ali bin Abi Talib

Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan yang Penuh Nasehat Indah


"Ketika kita lahir, dikumandangkan adzan. Ketika mati, kita dishalatkan. Begitulah.. betapa sesungguhnya hidup ini sangatlah singkat, hanya berjarak antara adzan dan shalat."

"Hidup itu sulit. Maka atasilah dengan shalat."

"Memangnya kenapa jika hidup ini tidak sempurna? Hidup ini bukanlah surga."

"Hidup adalah sebuah ujian, jika Allah menjawab doa-doamu, berarti Allah ingin meningkatkan keimananmu. Jika Allah menunda menjawab doamu, berarti Allah ingin meningkatkan kesabaranmu. Jika Allah tidak menjawab doamu, maka yakinlah bahwa Allah memiliki rencana yang lebih baik untukmu."

"Dan tiadalah kehidupan dunia ini melainkan hanya senda gurau dan main-main. Dan sesungguhnya akhirat itulah yang sebenarnya kehidupan, jika saja mereka mengetahui." (Q.S al-Ankabut 64)

"Dunia ini hanya memiliki tiga hari: Hari kemarin, ia telah pergi bersama dengan semua yang menyertainya. Hari esok, kamu mungkin tak akan pernah menemuinya. Hari ini, itulah yang kamu miliki, maka beramallah di hari ini." Hasan al Bashri

"Hidup tanpa ALLAH ibarat sebuah pensil tumpul, ia tidak memiliki titik."

"Mungkin hidup saya tidak berjalan sesuai dengan apa yang telah saya rencanakan, tapi saya yakin pasti berjalan seperti yang Allah rencanakan."

"Setiap situasi buruk yang menimpa pasti ada sisi positifnya. Bahkan jam dinding yang rusak sekalipun akan menunjukkan waktu yang tepat selama dua kali sehari. Maka tetaplah berpikir positif dalam hidup. Allah maha tahu apa yang terbaik buatmu."

"Setiap menit yang kita lalui dalam kehidupan di dunia ini sangatlah berharga. Maka kita harus bisa memanfaatkannya untuk menggapai balasan terbaik di akhirat nanti."

Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan Sehari-hari


"Hidup adalah sebuah perjalanan, yakni perjalanan dari Allah yang kemudian kembali lagi ke Allah."

"Ketika hidupmu sedang terpuruk, pada saat itulah kamu berada dalam posisi sempurna untuk berdoa."

"Dan tiadalah kehidupan dunia ini, melainkan hanyalah main-main dan senda gurau belaka." (Q.S al-An’am: 32)

"Maka sekali-kali janganlah kehidupan dunia memperdayakan kamu." (Q.S Fatir: 5)

"Hidup ini tidak akan terasa membosankan ketika kita mau menjalin kontak dengan Allah, sang pemberi kebahagiaan."

"Hidup ini sangatlah singkat. Kita tidak bisa menjamin masih hidup sampai waktu shalat berikutnya. Maka, mulai sekarang berdoalah, dan berdoalah setiap kali shalat seolah-olah itu adalah shalat terakhirmu."

"Jadilah engkau di dunia seakan-akan orang asing atau pengembara." (HR. Bukhari)

"Hidup ini adalah sebuah perjalanan untuk mengenal Allah." Dr. Mustafa Mahmud

"Tetapi kalian (orang-orang kafir) lebih memilih kehidupan dunia. Padahal kehidupan akhirat itu jauh lebih baik dan lebih kekal." (Q.S Al-A’laa:16-17)

"Kamu akan mati sebagaimana kamu menjalani hidup."

“Harta, jika hanya dimakan maka akan menjadi kotoran, jika hanya disimpan maka bisa jadi rebutan, jika diinfakkan maka akan digantikan dengan yang lebih baik olelh Allah”

Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan dan Cinta



"Allah mampu mengubah situasi paling terpuruk menjadi momen terbaik dalam hidupmu."

"Ciptakan sebuah hidup yang terasa baik di dalam, bukan hanya yang terlihat bagus dari luar."

"Hidup itu singkat dan tidak pasti. Kamu tidak pernah tahu kapan waktu hidupmu di dunia ini akan berakhir. Awali harimu dengan bismilah, akhiri dengan alhamdulillah."

"Setiap kehilangan yang kita alami tidak lain adalah sebuah pengingat bahwa tidak ada satu pun dari kehidupan ini yang kekal." Dr. Bilal Philips

"Dunia ini penjara bagi orang beriman dan surga bagi orang kafir." Hadis

"Demi Allah, tidaklah kehidupan dunia dibandingkan dengan kehidupan akhirat melainkan seperti salah seorang dari kalian mencelupkan jarinya ke laut, maka lihatlah apa yang tersisa di jarinya ketika ia angkat kembali dari laut?." Hadis

"Dunia ini seperti air asin, semakin kamu meminumnya, semakin kamu merasakan haus."

"Hal terbaik dalam hidup selalu datang bersama dengan kesabaran."

"Dialah yang menghidupkan dan mematikan, dan hanya kepada-Nya lah kamu akan dikembalikan." – (Q.S Yunus: 56)


"Hidup bertanya kepada Kematian, "Mengapa orang-orang mencintaiku tapi membencimu?" Kematian menjawab, "Karena kamu adalah dusta yang indah dan sementara aku adalah kebenaran yang menyakitkan."

"Hidup ini seperti koin, senang dan susah adalah dua sisi. Hanya satu sisi yang terlihat pada satu waktu. Tapi ingat, sisi lain juga menunggu gilirannya."

"Jangan pernah membandingkan kisah hidupmu dengan kisah mereka yang ada dalam film. Karena kisah mereka ditulis oleh penulis naskah, sementara kisahmu ditulis oleh Allah."

"Apa yang ada di dunia ini tidak lain hanyalah mimpi yang dialami oleh orang yang sedang tidur? Dia merasakan kesenangan di dalamnya selama beberapa saat, dan kemudian terbangun untuk menghadapi kenyataan." Hasan Al-Bashri

"Hidup itu seperti lautan. Ia bisa tenang dan hening, kasar dan kaku. Tapi pada akhirnya, ia selalu indah.

"Khawatirlah dengan kehidupan kamu yang selanjutnya, bukan kehidupan yang sekarang ini."

"Kapan saja kamu tidak mengerti apa yang terjadi dalam hidupmu, pejamkan matamu, tarik napas dalam-dalam dan katakan, "Ya Allah, aku tahu ini adalah rencanamu, tolong bantu aku untuk melaluinya."

"Hidup ini penuh dengan pasang surut. Jadi, tetaplah bersyukur saat berada di puncak dan penuh harapan saat berada di posisi terendah."

"Hidup ini terlalu singkat untuk mengejar sesuatu yang tidak membawa kita semakin dekat dengan surga." Boona Mohammed

"Hidup itu seperti sebuah cermin. Ia akan tersenyum kepadamu hanya jika kamu tersenyum kepadanya."

"Sang Penciptamu memberi kamu waktu seumur hidup untuk menemukan Dia."


“Bukan Allah tak tahu betapa sepinya hatimu, Allah juga tahu kau mampu untuk bertahan dalam ketaatan hingga datang seorang manusia membawamu terbang ke pulau impian”

“Gak usah bingung seperti apa jodohmu kelak, Insyaallah dia tidak akan jauh daripada sifatmu saat ini”

“Bersyukurlah bila dalam penantianmu, kau tetap gigih dalam kesendirian, sebab artinya kau telah memuliakan jalan Allah”

“Kau harus tegaskan pada mereka yang terbiasa mencibirmu, bahwa jomblo bukan berarti sok suci, jomblo itu sikap diri untuk taat pada Allah”

“Jika dari awal yang kau cari adalah ridha Allah, pasti kau takkan pernah pilih pacaran lihatlah akibatnya, akhirnya kau akan terpuruk”

“Janji Allah tak pernah mengecewakan, dan bila kamu masih merasa kecewa mungkin ada yang salah dengan imanmu”


“Karena yang hanya pamer foto mesra disosmed akan kalah dengan yang cantumin foto di buku nikah”

“Sifat malu adalah jubbah emas yang diwajibkan oleh Allah untuk seorang wanita dalam menjaga kehormatannya”

“Hukuman terberat dari Allah ketika Allah telah menutup diri kita untuk dapat berbuat dan melakukan kebaikan-kebaikan”

“Aku selalu berdo’a dan berharap bahwakamu adalah orang yang akan bersamaku dalam ketaatan”

“Karena kalau memang jodoh Allah akan semakin mendekatkan, bukan menjauhkan”

“Lelaki yang baik bukan mudah mengucapkan cinta tanpa mempertanggungjawabkannya dengan menikahi si dia”

“Berhentilah pacaran dengan beungkus bunga-bunga cinta, mulailah serius menjalin hubungan dengan berani menjabat tangan orang tuanya dipelaminan”

“Barang siapa ingin do’anya terkabul dan dibebaskan dari kesulitan, hendaklah dia mengatasi kesulitan orang lain”

“Semoga memang dirimulah yang kelak menjadi pendamping hidupku”

Kata Bijak Islami Tentang Kehidupan Dunia dan Akhirat


"Keburukan akan berkumpul ketika hawa nafsu diikuti dan angan-angan panjang. Adapaun kebaikan kan berkumpul ketika mengikuti petunjuk dan senantiasa bersiap-siap untuk berjumpa dengan Allah." Ibnul Qoyyim

"Jika Anda tidak mendapatkan rasa manis dan kelapangan pada hati Anda ketika beramal shalih, maka curigailah ada apa-apa pada hati Anda, karena sesungguhnya Allah Maha Bersyukur." Syaikhul Islam Ibnu Taymiyyah.

"Pendusta, Allah beri kehinaan dan murka. Siapa yang melihatnya akan memurkai dan meremehkannya." Ibnul Qoyyim

"Sedekah memiliki efek yang ajaib yaitu mengangkat musibah,menghindarkan dari penyakit ‘ain dan keburukan para pendengki. Kalaulah tidak ada dalil tentang itu selain pengalaman orang-orang terdahulu dan sekarang,maka cukuplah (menunjukkan besarnya manfaat sedekah -ed)" Ibnul Qayyim.

"Jangan sampai engkau menjadi musuh Iblis diwaktu terlihat banyak orang, akan tetapi justru menjadi temannya di saat sendirian.” Sahnun

"Jangan banyak duduk dengan tukang gosip! Katakan kebenaran walau mereka tidak terima." Syaikh Prof. Dr. Saud al Funaisan

"Ada yang teringat bahwa shalat adalah cahaya, bahwa puasa adalah perisai, bahwa sedekah adalah bukti keimanan, namun dia terlupa bahwa seorang muslim sejati adalah ketika orang lain selamat dari gangguan lisan dan tangannya." Dr. Suleman Al Ruba’i

"Bicara nyaman dan bahagia sempurna, takkan didapatkan seorang mukmin di dunia. Dia baru dapatkan jika sudah masuk surga." Syaikh Saud Al Hamaadi


"Orang jujur, Allah beri kewibawaan dan kemuliaan. Siapa yang melihatnya kan merasakan." Ibnul Qayyim.

"Wasiat teragung dan tersingkat dalam sejarah: jagalah (aturan) Allah, Allah pun akan jaga Anda." Dr Ahmad Isa al Mu’sharawi

"Allah jadikan nikmat surga sebagai ganti kenikmatan yang tak didapat seorang mukmin di dunia dan balasan atas ketaatannya."  Dr. Abdullah At Tuwaijiri

Itulah beberapa kata mutiara islami tentang kehidupan sebagai penguat hidup yang berisikan nasehat-nasehat bijak dalam mengarungi kehidupan yang fana di dunia ini. Diharapkan kata mutiara islami tentang kehidupan dunia sehari-hari ini dapat menjadi motivasi yang menambah semangat kita dalam menjalani kehidupan di dunia ini.

Semoga artikel " 100++ Kata Kata Mutiara Islami Tentang Kehidupan Sebagai Penguat Hidup " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.