Khasiat Temulawak Untuk Masker Wajah Yang Belum Diketahui

Khasiat Temulawak Untuk Masker Wajah Yang Belum Diketahui
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Kesehatan Khasiat Temulawak Untuk Masker Wajah Khasiat Temulawak Untuk Memutihkan Wajah Manfaat Sari Temulawak Untuk Kesehatan

Apa itu temulawak?

Temulawak yang sering digunakan sebagai bumbu dapur ini memiliki nama latin curcuma zanthorriza.

Temulawak masih berkeluarga dengan tanaman jahe, sehingga temulawak sering disebut jahe jawa oleh kebanyakan orang.


Bentuknya hampir menyerupai kunyit. Namun aroma temulawak jauh lebih kuat dan memiliki fungsi yang berbeda dari kunyit.

Temulawak yang tumbuh pada ketinggian lebih dari 15000 meter diatas permukaan laut ini merupakan tumbuhan yang cukup populer di kawasan Asia Tenggara.

Temulawak mudah ditemukan di beberapa negara Asia Tenggara lainnya, seperti Thailand, Filipina, serta Malaysia bahkan juga sudah bisa ditemukan di beberapa negara di Eropa serta Amerika Serikat.

Tak hanya digunakan sebagai bumbu dapur, temulawak juga memiliki sejuta khasiat yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh kita, salah satunya adalah khasiat temulawak untuk masker wajah secara alami.

Kenali Khasiat Temulawak Untuk Masker Wajah

Kulit wajah yang putih dan bersih tidak dapat dipungkiri menjadi idaman banyak orang, apalagi khususnya wanita.

Namun sayangnya, wanita sering kali melakukan kesalahan pada perawatan wajahnya yang justru menimbulkan banyak permasalahan pada kulit. Permasalahan pada kulit yang dimaksud seperti: kulit wajah yang menjadi kering, gatal, kusam, berminyak, atau berjerawat.

Terlalu berlebihan dalam menggunakan produk kecantikan sangatlah tidak disarankan. Karena penggunaan produk yang berlebihan cenderung memicu tumbuhnya banyak jerawat dan mempercepat proses penuaan dini pada wajah.

Lalu, apa solusi yang tepat jika kamu menghadapi permasalahan ini?

Sebenarnya kita tidak perlu pusing dan merasa ribet dengan masalah yang satu ini karena solusinya sangatlah dekat berada di sekitar kita.

Kamu dapat merawat kesehatan kulit wajah dengan menggunakan berbagai bahan alami yang ada di sekitar kita, mulai dari sayuran, buah, susu sapi, madu, cuka apel dan berbagai macam bumbu dapur, khususnya untuk memutihkan kulit wajah.

Nah kali ini, kita akan membahas cara memutihkan wajah menggunakan temulawak.

Meskipun bumbu dapur satu ini sudah tidak asing lagi di telinga kita, yang sering digunakan oleh masyarakat karena memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita, tepatnya untuk menjaga agar tubuh kita selalu sehat.

Tingginya kandungan curcuminoid dan minyak esensial pada temulawak berfungsi menetralisir racun pada tubuh kita, sehingga mampu mempercepat proses regenerasi sel-sel liver yang rusak akibat pengaruh berbagai zat kimia beracun.

Tidak hanya itu saja, temulawak juga masih memiliki berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita. Selain khasian temulawak untuk memutihkan wajah, temulawak juga dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, mencegah munculnya jaringan lemak pada tubuh, serta berperan sebagai antioksidan yang baik.

Temulawak ini juga sangatlah aman digunakan untuk semua kalangan, baik pria maupun wanita mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Mengonsumsi jus temulawak juga merupakan suatu rutinitas yang baik untuk tubuh karena kita tidak perlu mencampur temulawak dengan bahan pemanis apapun. Mengapa? karena pada dasarnya temulawak sendiri memiliki cita rasa yang sedikit manis.

Mengolah temulawak menjadi perawatan kulit wajah kita sangatlah praktis untuk dilakukan. Bahkan kita bisa mengonsumsinya baik dari dalam maupun luar tubuh, lebih tepatnya dengan menggunakan masker wajah dan mengonsumsinya sebagai jus.

Nah, untuk mendapatkan hasil yang lebih efektif dan manfaat yang kita dapatkan pun akan berlipat ganda, masker wajah berbahan dasar temulawak ini bisa juga dikombinasikan dengan berbagai bahan alami lainnya.

Berikut beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membuktikan khasiat temulawak untuk masker wajah:

1. Khasiat Temulawak untuk wajah jerawat

Jerawat dapat diatasi dengan mengkonsumsi temulawak. Caranya pun cukup mudah, yaitu rebus beberapa rimpang temulawak dengan air secukupnya, lalu diminum untuk mengatasi jerawat pada wajah dari dalam tubuh atau bisa dengan cara mengolah masker temulawak menjadi masker wajah untuk dibalurkan pada wajah yang berjerawat.

2. Khasiat Temulawak Untuk Memutihkan Wajah

Temulawak bekerja seperti kunyit pada kulit yang dapat meningkatkan dan mencerahkan kulit dan wajah. Manfaat temulawak untuk perawatan wajah bisa menjadikannya sebagai masker. Kamu cukup memarut beberapa ruas temulawak lalu dibalurkan pada wajah kita diamkan beberapa saat lalu bilas menggunakan air bersih.

Dengan pemakaian rutin wajah kamu secara perlahan akan tampak cerah secara alami dan tentunya membuat kulit jadi sehat tidak mudah berminyak dan jerawatan .

3. Khasiat Temulawak Untuk Menghaluskan Kulit Wajah

Temulawak dengan pemakaian yang rutin dan secara efektif akan membuat kulit wajah menjadi lebih halus. Caranya adalah dengan meminum rebusan temulawak, atau mengolah temulawak menjadi masker wajah, atau pun kita bisa mengolahnya sebagai scrub yang rutin digunakan pada sore atau malam hari.

4. Manfaat Temulawak untuk Mengencangkan kulit

Temulawak dan kunyit dipercaya sebagai obat-obatan herbal tradisional alami yang bersifat antioksidan , yang dapat melawan radikal bebas yang menyebabkan wajah berjerawat dan keriput. Penggunaan secara rutin dapat membuat kulit lebih kencang dan awet muda.

Khasiat Temulawak Untuk Perawatan Wajah


Untuk membuat masker ini sangatlah mudah. Kita hanya perlu memarut 2 ruas temulawak dan menggunakan sarinya. Sari temulawak ini akan kita gunakan pada seluruh bagian wajah. Diamkan selama beberapa menit agar kulit wajah dapat menyerap kandungan di dalamnya secara maksimal. Setelah dirasa cukup maka kita bisa membilasnya menggunakan air dingin agar wajah kembali bersih.

Menggunakan masker temulawak secara rutin juga sangat efektif untuk menghilangkan flek hitam pada wajah.

Cara mengolah temulawak untuk dijadikan sebagai masker wajah secara alami sangatlah mudah, berikut caranya:

1. Cara Membuat Masker Temulawak dan Tepung Beras

Cara membuat atau mengolah masker temulawak dan tepung beras cukuplah mudah. Mengapa tepung beras? Karena tepung beras merupakan bahan utama untuk pembuatan masker beras.

Sebenarnya tepung beras ini bisa dibeli di Pasar tradisional, namun kebanyakan beras yang sudah dicampur dengan pemutih, tetapi yang kita perlukan disini adalah tepung beras organik yang belum dicampur dengan bahan apapun.

Jadi jika kamu ingin membeli tepung beras untuk dibuat masker, pastikan terlebih dahulu bahwa tepung beras organik tersebut tidak tidak dicampur dengan bahan lainnya, murni tepung beras. Beras yang paling baik adalah beras Jepang, namun jika susah mecarinya, beras lokal juga bisa.

Cara membuatnya:
Ambil beras organik secukupnya lalu cuci hingga bersih dan rendam semalaman. Jika memungkinkan, pilih yang bulirnya berwarna bening. Karena beras dengan bulir yang bening mengandung squalane oil yang tinggi.

Jemur beras tersebut hingga setengah kering, kemudian tumbuk atau diblender hingga halus. Saring dengan ayakan tepung. Ambil tepung yang sangat halus dan pisahkan dalam wadah.

Tambahkan air mawar sedikit demi sedikit dan aduk hingga membentuk adonan yang bisa dibentuk menjadi bulatan-bulatan kecil. Jemur hingga kering.

Untuk penggunaannya, ambil beberapa rimpang temulawak yang sudah dihaluskan dan dan siap digunakan untuk masker wajah lalu campur dengan butiran-butiran tepung beras tersebut, kemudian  seduh dengan air hingga berbentuk adonan seperti pasta. Oleskan adonan masker temulawak dan tepung beras tersebut ke seluruh wajah sebagai masker.

2. Cara Membuat Masker Temulawak dan Susu

Paduan masker alami yang kedua adalah menggunakan temulawak dengan susu. Kombinasi kedua bahan ini akan membuat kesehatan kulit kamu semakin baik.

Caranya:
Potong beberapa ruas temulawak dan haluskan menggunakan blender. Kemudian tambahkan beberapa sendok susu ke dalam blender. Aduk keduanya hingga rata.

Tadaa...krim kental siap digunakan sebagai masker wajah kamu. Sebelum menggunakannya sebaiknya cuci terlebih dahulu wajah kamu menggunakan air hangat untuk membuka pori-pori wajah kamu.

Diamkan selama 15 menit hingga masker kering, lalu bilas wajah kamu dengan air dingin agar pori-pori wajah kamu tertutup kembali.

3. Cara Memutihkan Wajah dengan Masker Temulawak dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun atau dikenal dengan olive oil, memiliki khasiat yang sangat ampuh dalam menjaga kelembaban kulit.

Kandungan vitamin B dalam olive oil yang tinggi akan mencegah wajah kamu dari dehidrasi sehingga kulit tak kering.

Selain minyak zaitun tadi, kuning telur dapat ditambahkan sebagai bahan pelengkap, karena kandungan protein pada kuning telur sangat berkhasiat untuk memperbaiki sel-sel kulit yang telah rusak.

Caranya adalah:
Campurkan 1 sendok makan temulawak yang telah dihaluskan beserta 1 kuning telur dan 1 sendok makan minyak zaitun secara merata.

Olehkan krim masker ini ke seluruh wajah kamu. Diamkan beberapa saat hingga masker mengering. Bilas dengan air dingin untuk menutup kembali pori-pori wajah kamu.

4. Cara Memutihkan Wajah dengan Temulawak dan Madu

Bahan pembuatan masker seanjutnya adalah kombinasi temulawak dengan madu. Kombinasi ini dikenal sangat berkhasiat mengurangi tumbuhnya jerawat pada wajah dan sangat efektif untuk mencerahkan kulit kamu.

Cara membuatnya:
Campurkan 2 sendok teh bubuk temulawak dengan 1 sendok makan madu. Jeruk nipis diperlukan untuk membasuh wajah kamu sebelum menggunakan masker dari kedua bahan ini.

Oleskan secara merata keseluruh wajah kamu, dan hati-hati jangan sampai masker ini mengenai bagian mata kamu. Biarkan masker kering dalam waktu 15 menit.

Untuk hasil yang maksimal, gunakan masker ini minimal 2 kali seminggu sehingga wajah kamu menjadi lebih putih dan cerah dalam waktu yang singkat.

Khusus bagi kamu yang ingin memiliki wajah cantik nan putih halus alami, gunakanlah tip-tip pembuatan masker diatas.

Jangan tergantung dengan produk-produk kecantikan yang mengandung zat kimia, tetapi mulailah menggunakan bahan-bahan alami atau herbal berkhasiat untuk kecantikan kulit wajah kamu.

Maka dengan membaca artikel ini tentang khasiat temulawak untuk masker wajah, kamu telah mengetahui bahwa ada bahan-bahan alami disekitar kamu yang dapat digunakan untuk kesehatan dan kecantikan wajah kamu.

Semoga artikel " Khasiat Temulawak Untuk Masker Wajah Yang Belum Diketahui " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.