KETAHUI Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Pada Anak

KETAHUI Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Pada Anak
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Pada Anak Kesehatan Kesehatan Anak Mencegah Terjadinya Gigi Berlubang Pada Anak Pengobatan

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Pada Anak. Gigi berlubang disebabkan karena email pada gigi mengalami kerusakan akibat berbagai faktor. 

Menkonsumsi makanan yang manis juga dapat menyebabkan gigi berlubang. Seandainya menyikat gigi tidak di biasakan dari kecil, maka akan sulit untuk membiasakannya di kemudian hari saat dewasa nantinya. 

Akibatnya, anak akan sering mengalami gigi berlubang, serta banyak makanan yang menempel pada plak plak gigi. Tidak hanya disitu, akibat dari kurang menjaga kesehatan gigi dari usia dini juga dapat membuat warna gigi agak kekuning-kuningan saat dewasa nanti.

Permasalahan gigi pada anak bisa diatasi dengan mencabut gigi yang bermasalah. Gigi pada anak masih ada kesempatan tumbuh kembali, berbeda dengan orang dewasa. Jika gigi langsung di cabut, gigi akan sulit untuk tumbuh kembali. Selain itu juga dapat merusak saraf di organ lainnya.

  • Penyebab Terjadinya Gigi Berlubang :
  1. Akibat konsumsi obat-obatan saat ibu sedang mengandung
  2. Sedikitnya nutrisi dan vitamin yang dikonsumsi ibu saat sedang mengandung
  3. terjdi kerusakan pada email gigi
  4. Dampak laktulosa pada susu kemasan yang berikan ketika balita sehingga gigi balita merasakan pengikisan
  5. Tidak membiasakan meyikat gigi sebelum tidur
  6. Dan yang terpenting ialah kurangnya didikan pada anak guna menyikat gigi yang benar, sehingga tidak sedikit makanan yang masih menempel yang kesudahannya menjadi kuman

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Pada Anak

  • 1. Daun Cabai Merah
Ambil daun cabai merah kemudian ambil getahnya, dan getahnya bisa diteteskan pada gigi yang berlubang.
  • 2. Batang Kemuning
Pertama siapkan terlebih dahulu batang kemuning dan bakar, sampai mengeluarkan minyak, kemudian teteskan minyak itu ke gigi yang berlubang.
  • 3. Air Garam Dapur
Campurkan garam dengan air hangat, lalu pakai ramuan itu untuk berkumur.
  • 4. Minyak Cengkeh
Kamu bisa memanfaatkan cengkeh untuk mengobati sakit gigi berlubang pada anak dengan cara meneteskan cengkeh ke kapas, kemudian tempelkan di gigi anak yang berlubang.
  • 5. Biji Buah Alpukat
Sebelum menggunakan biji buah alpukat, Sangrai terlebih dahulu biji buah alpuket kemudian tumbuk dan tempelkan pada gigi anak yang berlubang.


    Beberapa Tips Merawat Gigi :

Beginilah cara mencegah terjadinya gigi berlubang pada anak. Anda dapat mengikuti beberapa tips di bawah ini:

1. Lakukan check up rutin paling tidak 1-6 bulan. Menuruti nasihat dokter gigi untuk memperoleh solusi terbaik. Gigi yang selalu memunculkan rasa sakit terdapat baiknya segera diatasi. Untuk anak PNS atau pegawai swasta bisa asuransi kesehatan untuk dipakai di lokasi rumah sakit manapun, jadi anda bisa mendapat keringanan biaya.

2. Biasakan meminum air putih dan berkumur, urusan ini berguna supaya sisa-sisa makanan tidak menempel.

3. Membersihkan sisa-sisa makanan pada celah gigi dengan tusuk gigi, bersihkan dengan lembut dan usahakan guna tidak melukai gusi.

4. Usahakan mengkonsumsi buah-buahan berserat, sebab buah-buahan dapat mencuci sisa-sisa makanan dan membantu memberi nutrisi pada gigi dan gusi. Ada baiknya guna memakan buah-buahan 10 menit sesudah makan.

Kesehatan gigi mencerminkan kesehatan pada tubuh. Kesehatan gigi tidak boleh dianggap remeh pada gigi anda ataupun pada anak anda.

Kasus gigi berlubang sudah diderita 90% anak didunia, tanpa penanganan sejak mula gigi berlubang akan kian membesar. Periksa semenjak dini merupakan salah satu jalan supaya mendapatkan gigi yang sehat.

Semoga artikel " KETAHUI Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang Pada Anak " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.