Cara Mengatasi wajah Berminyak Dan Kusam Dalam 1 Hari

Cara Mengatasi wajah Berminyak Dan Kusam Dalam 1 Hari
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak Cara Mengatasi wajah Berminyak Cara Mengatasi wajah Berminyak Dan Kusam Cara Menghilangkan Minyak di Wajah Secara Alami Kecantikan Kesehatan Kesehatan Wanita

Cara Mengatasi wajah Berminyak Dan Kusam

Kondisi kulit wajah berminyak terkadang membuat anda tidak percaya diri. Karena saat berselfie bakal terlihat mengkilap. Dengan perawatan yang salah, kulit wajah yang berminyak berakibat akan memunculkan jerawat, serta wajah kamu menjadi kusam.

Sebenarnya, minyak pada wajah kamu memang diproduksi oleh kulit. Namun pada sejumlah orang, minyak pada kulit wajah berlebihan sampai-sampai wajah terus tampak berminyak.

Kulit wajah memang tidak sedikit jenisnya, ada yang tergolong dalam kulit kering, kulit normal, kulit sensitif, dan kulit berminyak. Setiap jenis kulit memiliki cara perawatan yang berbeda.

Semua jenis kulit memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing. Jika kamu tergolong orang yang mempunyai kulit wajah berminyak, maka tidak perlu cemas. Namun untuk kamu yang mempunyai kulit wajah normal atau kering kemudian tiba-tiba berminyak, pasti ada yang berubah pada wajah kamu.

Sebelum membahas cara mengatasi kulit wajah berminyak dan kusam, perlu kita ketahui terlebih dahulu apa penyebab kulit wajah berminyak.

Ketahui 4 Penyebab kulit wajah berminyak

  • Penyebab 1. Perubahan hormon

Ketika kulit wajah kita berminyak dari yang seringkali kering atau normal, kemungkinan sedang terjadi evolusi hormon dalam tubuh kita. Salah satu penyebab adalah kita sedang stres, atau untuk perempuan sedang dalam masa pra-menstruasi.
  • Penyebab 2. Memakai produk yang salah

Memakai produk kecantikan baik pelembap, bedak, maupun yang lainnya, selalu usahakan agar dapat disesuaikan dengan jenis kulit wajah kamu. Memakai produk yang ternyata tidak cocok dengan jenis kulit wajah kamu dapat memunculkan penolakan oleh kulit wajah kamu sehingga produksi minyak di kulit wajah menjadi berlebihan.
  • Penyebab 3. Terlalu sering mengonsumsi makanan berlemak

Mengonsumsi makanan berlemak yang berlebihan akan menimbulkan minyak pada kulit wajah. Hal itu karena produksi minyak yang berlebihan pada kulit wajah kita.
  • Penyebab 4. Pengaruh Cuaca

Mungkin kamu baru tahu, bahwa pergantian cuaca juga dapat mengakibatkan kulit wajah berminyak. Pada musim kemarau dan cuaca yang panas, kulit wajah jadi memproduksi minyak berlebihan.
Untuk menanggulangi kulit wajah yang berminyak, tentu diperlukan penanganan ekstra supaya kulit berminyak menjadi normal.

Di samping wajah yang tampak mengkilap dan kusam, bagi perempuan yang selalu memakai make-up, kemungkinan make-up akan luntur disebabkan minyak yang diproduksi secara berlebihan oleh kulit wajah. Ada banyak cara yang dapat kamu aplikasikan guna menghilangkan minyak di wajah kamu.

Pahami Cara Mengatasi Kulit Wajah Berminyak

1. Rajin mencuci wajah

Sebenarnya mengatasi kulit wajah berminyak mudah dilakukan. Dengan cara mencuci wajah kulit wajah akan kembali segar. Namun tidak sedikit orang yang tidak mencuci wajahnya secara berkala. Jika wajah kamu berminyak, bersihkan wajah kamu memakai pembersih wajah yang sesuai dengan tipe wajah berminyak kamu dua kali dalam sehari, sebelum beraktifitas dan sebelum tidur malam.

2. Memakai produk pembersih wajah yang tepat

Untuk mencuci wajah, jika kamu menggunakan sabun, tidak boleh menggunakan sabun yang terlalu banyak busa atau yang memakai bahan deterjen. Carilah produk pembersih wajah yang dikhususkan untuk jenis wajah yang berminyak.

3. Selalu mencuci make-up dengan bersih

Pastikan setiap menggunakan make-up kita membersihkannya dengan bersih. Hal ini bertujuan agar make-up yang menumpuk pada wajah tidak mengakibatkan masalah pada wajah kita.

4. Membersihkan wajah memakai air hangat

Membersihkan wajah berminyak dengan menggunakan air hangat akan membuka pori-pori kulit wajah, sampai-sampai minyak wajah akan berkurang secara signifikan.

5. Jeruk nipis dan putih telur

Jeruk nipis kaya akan anti-oksidan dan vitamin C. Hal ini akan membantu kulit agar terhindar dari jerawat. Selain itu dapat mencerahkan wajah, menanggulangi minyak berlebih, dan mengusung sel kulit mati. Sedangkan putih telur dapat mengenyalkan wajah kita, serta dapat mencerahkan kulit wajah. Karena putih telur kaya akan protein dan sumber mikronutrien.

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami ini mudah saja. Pakaikan putih telur sebagai masker wajah, yang mana akan menghasilkan wajah yang terlihat terang dan berseri. Peras jeruk nipis, dan campurkan dengan putih telur.

6. Lemon

Jeruk yang sangat kaya anti-oksidan dan vitamin C adalah lemon. Di dalam lemon juga terkandung asam alpha hidroksi yang dapat mencegah radikal bebas yang terdapat dalam kulit. Dengan mengoleskan perasan lemon pada wajah kamu, maka minyak di wajah bakal berkurang.

7. Apel

Anti-septik dalam apel berguna agar sel kulit mati terkelupas. Minyak yang menumpuk pada wajah bakal hilang atau berkurang saat menggunakan apel. Caranya adalah apel diparut halus lalu pakai sebagai masker pada wajah kamu.

8. Alpukat

Alpukat berfungsi untuk mengayomi kulit dari keriput dan dari penuaan dini. Kandungan pada alpukat banyak berisi karotenoid anti-oksidan, vitamin E, dan vitamin C. Vitamin E bermanfaat untuk menolong mencegah penuaan dini dampak dari penyampaian sinar matahari. Sementara vitamin C adalah zat yang diperlukan untuk menciptakan elastin dan kolagen supaya kulit tetap kenyal

9. Pisang

Pisang kaya vitamin C. Dan pasti saja efektif sebagai salah satu teknik menghilangkan minyak di wajah secara alami. Caranya mudah saja, yaitu dengan menghaluskan 1 buah pisang, kemudian tambahkan 1 sdm madu, campur sampai rata, kemudian oleskan pada wajah.

10.Mentimun

Mentimun kaya bakal mineral dan vitamin yang penting supaya kesegaran wajah terjaga. Mentimun juga bermanfaat untuk menghambat pigmentasi kulit, menghilangkan lingkar mata hitam, dan mentimun bakal menyerap minyak berlebih pada wajah.

Cara menghilangkan minyak di wajah secara alami dengan memakai mentimun dengan cara mengiris mentimun tipis-tipis, kemudian tempelkan pada seluruh wajah. Diamkan sekitar 30 menit, kemudian basuh dengan menggunakan air bersih.

11. Tomat

Senyawa anti-oksidan yang terkandung dalam tomat adalah lycopine. Tomat terbukti dapat mencegah radikal bebas supaya wajah cerah, berseri, dan tidak berminyak. Selain itu tomat juga dapat menjadi tabir surya alami guna meminimalisir kehancuran yang disebabkan sinar UV.

Cara pemakaiannya ialah dengan menumbuk halus tomat sampai menjadi bubur. Kemudian oleskan pada permukaan seluruh wajah, dan diamkan sekitar 30 menit kemudian bilas dengan air bersih.

12. Bengkoang

Manfaat Buah Bengkoang Untuk Kulit Wajah Berminyak

Banyak sekali produk kecantikan yang menggunakan sari bengkoang sebagai pemutih. Tidak hanya bermanfaat sebagai pemutih, bengkoang dapat menghilangkan minyak di wajah secara efektif. Hal ini disebabkan bengkoang kaya vitamin B dan C yang berperan penting untuk kesegaran wajah.

Caranya membuatnya mudah saja. Parut bengkoang, kemudian peras memakai air, lalu gunakan sarinya sebagai masker wajah alami

13. Almond

Di samping memiliki kemampuan mengelupas sel kulit mati, almond pun bekerja untuk meminimalisir minyak berlebih khususnya pada wajah kamu. Cara membuatnya dengan menumbuk halus 2 biji almond, tambahkan 2 sdt madu, lalu oleskan merata pada wajah.

14. Susu

Di dalam wajah kita ada kolagen yang berguna agar kulit tetap tampak kenyal dan tidak berkerut. Nah, susu mempunyai kandungan vitamin D yang dapat menambah produksi kolagen. Serta vitamin B6 yang berperan dalam mengasuh dan mengawal kulit supaya tetap sehat dan lembap tetapi tidak terlihat berminyak.

Cara memakainya adalah dengan mencampur 2 sdm susu segar dengan 1 sdm madu. Kemudian jadikan masker wajah, dan tunggu sekitar 30 menit.

15. Yogurt

Yogurt adalah produk dari olahan susu. Yogurt berisi kalsium dan zinc.
Kalsium berperan penting untuk menangkal kulit kering dan dehidrasi. Sementara zinc berperan untuk menolong mengatasi masalah kulit wajah. Ada yogurt dapat menyehatkan wajah kita dan membuatnya bercahaya alami.

Nah, pahami satu persatu Cara mengatasi wajah berminyak dan kusam dalam 1 hari, untuk mendapatkan hasil wajah yang bersih dan cemerlang.

Semoga artikel " Cara Mengatasi wajah Berminyak Dan Kusam Dalam 1 Hari " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.