4 Fakta Penting Mengenai Menstruasi

4 Fakta Penting Mengenai Menstruasi
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : 4 Fakta Penting Mengenai Menstruasi Kesehatan Kesehatan Wanita Menstruasi ini Wajib Diketahui oleh Pria Sindrom pra menstruasi

4 Fakta Penting Mengenai Menstruasi ini Wajib Diketahui oleh Pria & Wanita


Menstruasi, tak hanya penting diketahui wanita itu sendiri. Fakta mengenai menstruasi juga penting diketahui oleh para pria. Karena ini berhubungan erat dengan kehamilan maupun kehidupan hubungan intim.

Melansir dari laman Men's Health, ada beberapa fakta mengenai menstruasi yang wajib diketahui baik pria maupun wanita. Apa saja fakta tersebut? Yuk simak yang berikut ini.

1. Darah Menstruasi Bukan Sembarang Darah

Ya benar, darah menstruasi bukan sembarang darah. Setiap bulannya, endometrium atau dinding rahim wanita mengalami peluruhan yang mana pada siklus ini dinding rahim akan menebal untuk mempersiapkan diri menerima sel telur yang sudah dibuahi.

Darah menstruasi bukanlah sembarang darah, karena darah ini merupakan darah kotor yang berasal dari rahim karena tidak adanya pembuahan pada sel telur.

2. Selama Menstruasi, Wanita Bisa Tetap Hamil Saat Berhubungan Intim

Nathaniel DeNicola, M.D. adalah seorang obstetrician dan gynecologist dari Penn Medicine. Ia mengungkapkan bahwa tidak semua wanita memiliki siklus menstruasi yang teratur. Karena tidak teraturnya siklus menstruasi inilah seorang wanita bisa memiliki masa ovulasi atau masa subur yang berbeda antara satu wanita dengan yang lainnya. Maka dari kesimpulan ini, wanita juga bisa tetap hamil saat melakukan hubungan intim selama menstruasi.

3. Menstruasi Menyebabkan Kram yang Menyakitkan

Sebuah penelitian yang dilakukan di Italia menemukan bahwa hampir 80% wanita mengalami kram perut yang cukup hebat saat menstruasi terutama di hari-hari pertama menstruasi. Maka jangan heran jika saat menstruasi kamu mengalami kram perut atau pun kram punggung yang sangat menyakitkan.

4. PMS dan Wanita

Sindrom pra menstruasi atau PMS adalah hal yang nyata. Hampir semua wanita mengalami sindrom pra menstruasi atau PMS. Dikarenakan PMS, suasana hati seorang wanita bisa berubah jadi lebih buruk. Tidak jarang ia menjadi sangat sensitif, mudah marah dan tidak nyaman dengan dirinya sendiri, bahkan PMS juga bikin nafsu makan wanita meningkat. Biasanya, PMS terjadi 1 minggu sebelum wanita mengalami menstruasi.

Semoga artikel " 4 Fakta Penting Mengenai Menstruasi " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.