Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Cara Mendoakan Orang Tua yang Sudah Tiada Doa Anak Untuk Orang Tua Yang Sudah Wafat Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal Dunia Islami Kumpulan Doa Kedua Orang Tua

Berikut Adalah Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal


Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Secara umum, pengertian orang meninggal dunia adalah suatu keadaan terpisahnya ruh dari jasad seseorang. Apabila dilihat dari ilmu kedokteran, orang akan bisa dikatakan sudah meninggal apabila jantung seseorang sudah berhenti berdenyut sehingga sudah tidak bisa menunjukkan lagi akan kehidupan di dunia ini.

Untuk masalah kematian itu berlaku untuk semua manusia yang bernyawa yang mana semuanya pasti bakal dipertemukan dengan kematian.

Kematian juga akan menjemput setiap manusia, baik orang yang tua atau muda, pria atau wanita, pasti semuanya akan meninggal, hanya saja kita sebagai mahluk hidup ciptaan tuhan kita tidak tahu kapan kematian bakal menjemput kita.

Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal

Saat orang tua kita telah meninggal dunia, tidak ada lagi yang bisa kita lakukan selain memanjatkan do’a untuk mereka. Dan memang tidak akan ada lagi yang diharapkan oleh orang tua yang telah meninggal kecuali untaian kalimat do’a dari anak-anaknya.
Oleh karena itu mendo’akan orang tua yang telah meninggal merupakan keharusan bagi seorang anak yang selalu ingin berbakti kepada orang tuanya.
Sebagaimana kita ketahui, bahwa berbakti kepada orang tua menempati posisi yang tinggi didalam agama Islam, hal itu ditunjukkan dengan perintah berbuat baik kepadanya mengikuti perintah beribadah hanya kepada Allah swt saja, seperti disebutkan didalam firman-Nya.
وَقَضَى رَبُّكَ أَلاَّ تَعْبُدُواْ إِلاَّ إِيَّاهُ وَبِالْوَالِدَيْنِ إِحْسَانًا
“Dan Tuhanmu telah memerintahkan supaya kamu jangan menyembah selain Dia dan hendaklah kamu berbuat baik pada ibu bapakmu dengan sebaik-baiknya.” (QS. Al Isra : 23)
Beberapa perbuatan baik yang bisa dilakukan terhadap orang tua yang telah meninggal dunia, di antaranya adalah mendoakan dan memohonkan ampunan untuk orang tua kita.
Imam Ahmad meriwayatkan dari Abu Hurairah, dia berkata; Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda:
“Sesungguhnya Allah ‘azza wajalla akan mengangkat derajat seorang hamba yang sholeh di surga, hamba itu kemudian berkata; ‘Wahai Rabb, dari mana semua ini? ‘ maka Allah berfirman; ‘Dari istighfar anakmu.'”
Dan bunyi doa dan permohonan ampunan tersebut adalah :
رَبِّ اغْفِرْ لِي وَلِوَالِدَيَّ
“Tuhanku! ampunilah Aku, ibu bapakku.” (QS. Nuh : 28)

  وَقُل رَّبِّ ارْحَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَانِي صَغِيرًا

“Dan ucapkanlah: “Wahai Tuhanku, kasihilah mereka keduanya, sebagaimana mereka berdua telah mendidik aku waktu kecil”. (QS. Al Isra : 24).

Semoga artikel " Doa Untuk Orang Tua Yang Sudah Meninggal " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.