Jika Kamu Masih Merasa Malas, Maka Lakukan 12 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa MALAS Ini

Jika Kamu Masih Merasa Malas, Maka Lakukan 12 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa MALAS Ini
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : 12 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa MALAS Cara Menghilangkan Rasa Malas Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Jika Kamu Masih Merasa Malas, Maka Lakukan 12 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa MALAS Ini

Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Lakukan 12 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa Malas. Mau tahu cara menghilangkan rasa malas ketika belajar, sholat, bekerja, ataupun saat berolahraga? Berikut tips mengatasi rasa malas yang efektif dan kami mencoba membahasnya dengan singkat dan lengkap.

Malas adalah kondisi diri yang tidak bergairah dalam menjalankan sesuatu. Dan rasa malas adalah penyakit paling mengerikan yang dapat menghambat kesuksesan seseorang. Jika kamu membuat rencana untuk membangun usaha dari nol dengan matang-matang, kemudian saat berusaha malah tersandung dengan rasa malas, hal tersebut akan menghambat kesuksesan kamu.

Banyak orang tidak berhasil akibat dirinya tidak mampu menolak rasa malas tersebut. Biasanya orang yang sukses itu tidak pernah berhenti mencoba, mereka akan terus berusaha mencari titik kesalahan dan selalu semangat ketika menjalankan sesuatu.

Disini bisa jadi karena latar belakang orang tersebut. Bagi sebagian orang dengan tingkat perekonomian yang tinggi sangat sulit untuk memotivasi diri menjadi lebih baik. Oleh karenanya orang-orang yang seperti ini sangat mudah bermalas-malasan karena sudah terlanjur enak hidupnya. Beda dengan yang memulai hidup dari nol. Mereka pasti terbangun motivasi yang sangat kuat untuk menjadi orang hebat.

Cara Menghilangkan Rasa Malas


Malas adalah hal yang wajib untuk diperhatikan. Jika tidak maka bisa membawa dampak negatif terhadap karir, pendidikan bahkan kesehatan kamu. Oleh karena itu tepat pada postingan ini saya ingin mengulas sedikit cara mengatasi rasa malas.

Yuk-simak tips berikut ini cara mengatasi rasa malas yang bisa kamu terapkan:

1.Menatap hidup

Rasa malas terkadang muncul akibat pola hidup yang tidak teratur dan berantakan. Kita ambil contoh seseorang yang tidak merapikan tempat tidur ketika bangun pagi, membersihkan ruangan kerja, meja kerja yang mana material penumpangnya tidak tertata rapi, penyimpanan dokumen atau arsip yang tidak terorganisir, catatan yang berantakan, dan masih banyak lagi.

Jika sudah demikian dan telah berlangsung lama tanpa disadari akan membuat diri kamu menanam rasa malas yang akut, oleh karenanya mulai sekarang pastikan bahwa segala sesuatu yang berantakan dalam hidup kamu disusun atau ditata menjadi lebih rapi dan teratur.

Buatlah jadwal kegiatan harian kamu sedetil mungkin, dan jika kamu melihat suatu benda yang berantakan, beranikan diri untuk mengembalikan posisi benda tersebut ke tempat yang semestinya.

2. Kerjakan Hal Yang Sulit Dipagi Hari

Pagi hari adalah jam - jam dimana otak berkonsentrasi tinggi dan tubuh lagi berkobar semangatnya. Biasakan ketika kamu bangun pagi, sarapan, dan mandi, langsung kerjakan hal yang menurut kamu sulit di pagi hari. Jangan ditunda hingga siang hari, apalagi sampai larut malam.

Jika banyak menunda sesuatu tentu akan menumpuk beban pikiran dan pekerjaan, ujung-ujungnya kamu menjadi malas untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dan yang lebih parahnya lagi, di esok harinya pula kamu bisa lebih malas karena pekerjaan dihari sebelumnya belum terselesaikan.

3. Hilangkan Kebiasaan Duduk di Sofa atau Berbaring di Tempat Tidur sebelum Waktu Istirahat

Apabila kiranya masih ada beberapa tugas yang harus diselesaikan, maka percepat pengerjaannya. Disamping itu jangan pernah kamu duduk di sofa untuk meluruskan kaki atau berbaring di ranjang, meski alasannya untuk beristirahat sejenak.

Tanpa kamu sadari, kegaitan tesebut dapat memancing rasa malas yang benar-benar sulit untuk diusir, apalagi jika kamu duduk di sofa sambil nonton TV, tugas kamu yang semestinya selesai hari ini malah terbengkalai akibat kamu sudah lebih dulu beristirahat sebelum waktunya.

4. Berikan Motivasi Pada Diri Sendiri

kamu harus bisa memotivasi diri untuk menjauhi rasa malas. Seperti misalnya kamu perlu mandi pagi di hari libur, biasanya rasa malas sering muncul dengan berbagai alasan. Disaat seperti ini kamu tidak bisa mengikuti keinginan buruk tersebut, yakinkan diri bahwa mandi di pagi hari meski saat libur adalah hal yang wajib dan mempunyai manfaat positif terhadap diri kamu.

Dengan begitu maka lambat laun rasa malas akan pergi dan kamu akan mengerjakan hal yang tadinya terasa sulit menjadi lebih ikhlas atau sukarela. Jika masih belum bisa, minta bantuan orang terdekat untuk memotivasi kamu agar dapat mengusir rasa malas.

5. Pede Untuk Menghadiahi Diri Sendiri

Setiap kamu berhasil mengerjakan sesuatu tanpa didampingi rasa malas, jangan sungkan untuk memberikan hadiah kecil kepada diri kamu sendiri. Seperti misalnya kamu bisa bangun pagi tanpa bermalas-malasan, beri ucapan selamat pada diri kamu dan berikan sesuatu pada diri kamu karena berhasil mengatasi rasa malas tersebut.

Katakan pada diri kamu setiap kali berhasil menjalani suatu kegiatan tanpa rasa malas: "Apabila saya berhasil menyelesaikan pekerjaan ini tepat waktu, saya akan mencicipi makanan favorit berupa ....... di ........ sebagai hadiah untuk diri saya sendiri".

6. Olahraga rutin

Olahraga merupakan kebutuhan pokok setiap manusia, jika setiap hari kamu rajin berolahraga maka rasa semangat yang tertanam dalam tubuh seakan tak ada habisnya. Rasa malas juga bisa terjadi akibat tubuh kekurangan asupan nutrisi berupa vitamin dan kurangnya olahraga.

Maka dari itu, dalam sehari luangkan sedikit waktu, misalnya di pagi hari untuk berolahraga ringan seperti jogging selama 15 menit. Jika tidak ingin bosan, dalam seminggu bisa kamu variasikan dengan berenang, main futsal bareng teman ataupun jenis olahraga menyenangkan lainnya.

Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar


Cara Menghilangkan Rasa Malas Belajar

Saat belajar, rasa ngantuk dan malas terkadang juga ikut serta untuk mengambil alih konsentrasi kamu. Tapi kamu tak perlu khawatir karena tips mengatasi rasa malas ketika belajar juga ada, berikut ini diantaranya:

7. Malas Belajar Karena Ngantuk

Jika dalam belajar kamu mulai merasa ngantuk, caranya mudah. kamu hanya perlu membasuh muka dengan air dingin atau jika tubuh terasa gerah bahkan berkeringat, hentikan sejenak proses belajar kamu lalu mandi, sehabis mandi lanjutkan kembali hingga materi pelajaran yang sedang kamu bahas selesai.

8. Ganti Posisi Duduk

Jika kamu mulai tidak nyaman dengan posisi duduk kamu. Berdirilah selama beberapa detik, kemudian duduk kembali dan rubah posisi duduk dari yang sebelumnya. Jika perlu, sangat dianjuirkan untuk mengganti bangku atau kursi kamu.

9. Pindah Lokasi Belajar

Ruangan yang digunakan untuk belajar berjam-jam akan memicu rasa malas dan bosan. Maka dari itu segera siasati dengan berpindah lokasi belajar, misalnya kamu beralih dari kamar tidur ke ruang tamu, tapi jangan sampai ke dapur, emangnya mau masak.

10. Relaksasi

Otak yang dipaksa terus menerus bisa terbebani dan lama-lamaan dapat membuyarkan konsentrasi. Untuk mengatasi rasa penat tersebut, kamu bisa melakukan relaksasi atau penyegaran selama beberapa menit. Misalnya mendengarkan musik klasik, jalan-jalan di taman yang udaranya sejuk atau mengarungi ombak di pantai bagi kamu yang tinggal di pesisir.

11. Sambil Makan Cemilan

Agar suasana belajar kamu menjadi lebih menyenangkan, selingi kegiatan belajar dengan aktivitas lain seperti makan cemilan sehat. Siapkan beberapa buah pisang ataupun apel dimeja belajar kamu, ketika membaca buku dan memahami materi, selingi dengan makan buah tersebut. Pergerakan di mulut akan membuat otak kamu tidak terfokus pada pelajaran saja, jadinya rasa bosan tidak mudah muncul.

12. Rubah Pola Belajar

Jika kamu terbiasa belajar dengan cara menghapalkan isi buku bukan memahaminya, segera rubah sistem belajar kamu. Atau bisa juga kamu melakukan cara lain yang lebih menyenangkan, misalnya mencari alternatif lain dalam belajar seperti mendengarkan materi pelajaran melalui media audio visual (DVD, Laptop atau tape recorder).

Semoga artikel " Jika Kamu Masih Merasa Malas, Maka Lakukan 12 Cara Ampuh Menghilangkan Rasa MALAS Ini " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.