Tanda-tanda Darurat Diabetes yang Harus Kamu Waspadai

Tanda-tanda Darurat Diabetes yang Harus Kamu Waspadai
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Kesehatan Penyebab gejala diabetes Ramuan alami tanaman obat diabetes Tanda-tanda darurat diabetes yang harus kamu waspadai Tips Hidup Sehat Penderita Diabetes

Tanda-tanda Darurat Diabetes yang Harus Kamu Waspadai


Seperti yang kita ketahui bahwa diabetes merupakan penyakit turunan. Hasil penelitian yang disebutkan bahwa 50% penderita diabetes mellitus berasal dari keluarga yang juga menderita diabetes mellitus.


Akan tetapi, apa yang terjadi saat ini bahwa banyak penderita diabetes mellitus yang tidak berasal dari keturunan penderita diabetes. Untuk itu, tidak ada salahnya jika kita tetap waspada terhadap penyakit yang belum ditemukan obatnya ini. Kenali faktor-faktor penyebab diabetes merupakan langkah awal untuk mencegah kencing manis.

Faktor-faktor penyebab diabetes yang harus kamu waspadai:


1. Makanan tidak terjaga

Memilih makanan bukan saja karena enaknya, namun pilihlah makanan yang berprotein dan lemak tinggi tinggi pada umumnya enak dan sering dikonsumsi. Tanpa kita sadari bahwa makanan tersebut merupakan salah satu faktor penyebab diabetes. Semakin banyak makanan berlemak yang dikonsumsi, maka semakin tinggi risiko terkena diabetes, karena timbunan lemak dalam tubuh dapat mengganggu kerja hormon insulin, sehingga meningkatkan kadar gula dalam darah. Baca :

2. Jarang berolahraga

Seiring dengan perkembangan jaman yang lebih mengunggulkan teknologi, maka semakin jarang pula orang yang tidak rela meninggalkan komputer, hp, laptop, tv, dan lebih senang beraktivitas di dalam ruangan. Tubuh yang jarang bergerak dan berolahraga dapat mengakibatkan lemahnya pembakaran lemak dalam tubuh.

3. Kelebihan berat badan

Kelebihan berat badan atau kegemukan terjadi karena konsumsi makanan berlebih terutama makanan yang banyak mengandung gula. Hormon insulin pada tubuh yang gemuk cenderung menurun, yang dapat mengakibatkan gula darah tidak dapat dirubah menjadi energi dan tidak dapat disalurkan ke bagian tubuh lainnya, seperti otot. Dan akibatnya gula banyak tertimbun di dalam darah yang dapat mengakibatkan diabetes.

4. Sering mengkonsumsi junk food

Makanan instan banyak mengandung bahan pengawet dan bahan penyedap memang membuat makanan terasa lebih enak, akan tetapi dapat menimbulkan gangguan saraf yang merupakan gejala diabetes. Tidak jarang pula ditemukan kandungan pemanis buatan di dalam makanan atau minuman instan. Padahal pemanis buatan memiliki kandungan gula yang jauh lebih tinggi dibandingkan gula asli. Kalori tinggi juga harus diwaspadai dalam kandungan makanan instan, karena kelebihan kalori dalam tubuh dapat menurunkan produksi hormon insulin yang bekerja mengubah gula darah menjadi energi.

5. Kurang Tidur

Kurang tidur dapat berakibat pada terganggunya kerja pankreas. Sedangkan pankreas merupakan produsen hormon insulin dan meningkatkan kadar gula dalam darah. Selain itu, kurangnya jam tidur juga menyebabkan tekanan darah tinggi yang menjadi salah satu penyebab gejala diabetes.

Pertolongan pertama Saat Kondisi Darurat Diabetes yang Harus Kamu Ketahui

Pertolongan pertama Saat Kondisi Darurat Diabetes yang Harus Kamu Ketahui
 Ketika terjadi krisis diabetes ini, hal pertama bagi keluarga terdekat yang harus dialkukan adalah membawa penderita diabetes segera ke dokter atau puskesmas. Untuk hipoglikemia, pertolongannya sebenarnya mudah yaitu dengan memberikan minuman manis, tetapi hal ini sulit dilakukan jika penderita tidak sadarkan diri.

Selalu mencoba mencegah komplikasi akut diabetes ini dengan selalu mengelola diabetes dengan tepat. Patuhi aturan diet untuk diabetes. Obati bila kamu memiliki masalah infeksi. Tujuannya adalah tidak lain untuk menghindari kontaminasi virus dan bakteri yang berisiko memperburuk daya tahan tubuh kamu.

Selalu perhatikan instruksi yang diberikan oleh dokter dalam meminum obat. Konsumsilah obat diabetes sesuai dosis, fungsi, dan aturan yang dianjurkan oleh dokter.

Jadikan olahraga sebagai bagian dari rutinitas di keseharian kamu. Karena dengan berolahraga, tubuh kamu berpeluang untuk lebih maksimal dalam mengontrol kadar gula darah. Tidak kalah penting, aktivitas olahraga juga membuat sistem kekebalan tubuhmu lebih kuat. Sehingga risikomu untuk mengalami komplikasi diabetes pun lebih berkurang.

Pahami dengan baik, tanda-tanda darurat diabetes yang harus kamu waspadai beserta risiko komplikasi yang dapat dialami oleh penderita diabetes. Segera konsultasikan kepada dokter spesialis kamu, jika kamu mengalami sejumlah gejala tersebut diatas, agar dampak yang ditimbulkan pun dapat diminimalisasi.

Semoga artikel " Tanda-tanda Darurat Diabetes yang Harus Kamu Waspadai " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.