6 MACAM PENYAKIT HATI DALAM ISLAM YANG BAHAYA DUNIA AKHIRAT

6 MACAM PENYAKIT HATI DALAM ISLAM YANG BAHAYA DUNIA AKHIRAT
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Bahaya Penyakit Hati Dalam Islam Dunia Islam Macam-macam Penyakit Hati Dalam Islam Pengertian Penyakit Hati Dalam Islam Renungan Islami

6 Macam-Macam Penyakit Hati Dalam Islam Yang Bahaya Dunia Akhirat

Bismillahirrohmanirrohim

Hati ini sungguh halus rasanya. Tetapi bagaimana dengan hati yang dipenuhi dengan duri?

Satu bagian tubuh yang jika dia baik maka baik pula perilakunya, tapi jika bagian tubuh itu rusak maka buruk pula tingkah lakunya. APakah bagian tubuh itu? Bagian tubuh itu adalah hati. Hati yang memiliki sejuta rahasia.

Banyak orang tidak menyadari kalau hatinya sedang sakit. Macam macam penyakit hati dalam Islam akan memberi gambaran tentang hati yang berduri.

Berikut macam-macam arti penyakit hati dan sifat buruk manusia:

1. IRI HATI 
Iri hati adalah suatu sifat yang tidak senang akan rizki dan nikmat yang di dapat oleh orang lain dan cenderung berusaha untuk menyainginya.Iri hati yang diperbolehkan dalam ajaran islam adalah iri dalam hal berbuat kebajikan. Seperti iri untuk menjadi pintar agar dapat menyebarkan ilmunya di kemudian hari, atau iri untuk membelanjakan harta di jalan kebenaran.

2. DENGKI
Dengki adalah sikap tidak senang melihat orang lain bahagia dan berusaha untuk menghilangkan nikmat tersebut. Sifat ini sangat berbahaya karena tidak ada orang yang suka dengan orang yang memiliki sifat seperti ini.

3.HASUD/PROVOKASI
Hasud adalah suatu sifat yang ingin selalu berusaha mempengaruhi orang lain agar amarah/marah orang tersebut meluap. Sifat ini bertujuan agar dapat mencegah belah persatuan dan tali persaudaraan agar timbul permusuhan dan kebencian antar sesama.
BACA JUGA: DEMI MASA. Sesungguhnya Manusia Berada Dalam Kerugian
4.FITNAH
Fitnah lebih kejam dari pada pembunuhan adalah suatu kegiatan menjelek-jelekan, menodai, merusak, menipu, membohongi seseorang agar menimbulkan permusuhan sehingga dapat berkembang menjadi tindak kriminal pada orang lain tanpa bukti yang kuat.

5.BURUK SANGKA
Buruk sangka adalah sifat curiga atau menyangka orang lain berbuat buruk tanpa di sertai bukti yang jelas.

6.KHIANAT
Khianat adalah sikap tidak bertanggung jawab mangkir atas amanat atau kepercayaan yang telah di limpahkan kepadanya. Khianat biasanya di sertai bohong dengan mengobral janji. Khianat adalah ciri-ciri orang munafik. Orang yang telah berkhianat akan di benci orang disekitarnya dan kemungkinan besar tidak akan di percaya lagi untuk mengemban suatu tanggung jawab di kemudian hari.

Semoga kita semua terhindar dari macam-macam penyakit hati yang bahaya baik didunia maupun diakhirat.

Semoga artikel " 6 MACAM PENYAKIT HATI DALAM ISLAM YANG BAHAYA DUNIA AKHIRAT " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.