7 MANFAAT JAHE UNTUK MENYEMBUHKAN BATUK YANG WAJIB KAMU KETAHUI

7 MANFAAT JAHE UNTUK MENYEMBUHKAN BATUK YANG WAJIB KAMU KETAHUI
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Jahe Obat Batuk Berdahak Jahe Untuk Obat Batuk Anak Kesehatan Manfaat Jahe Untuk Batuk Anak Manfaat Jahe Untuk Batuk Pilek Obat Batuk Jahe Madu Rebusan Jahe Untuk Obat Batuk

7 MANFAAT JAHE UNTUK MENYEMBUHKAN BATUK

7 Manfaat Jahe Untuk Menyembuhkan Batu Dalam Waktu Cepat. Jahe merupakan tanaman asli dari wilayah Asia yang sudah digunakan sejak ribuan tahun lalu sebagai pengobatan berbagai macam penyakit seperti mabuk perjalanan, sakit kepala, mual, flu, batuk dan lainnya.

Jahe merupakan salah satu jenis rempah yang sangat banyak digunakan untuk masakan di Asia. Bahkan kandungan bahan kimia dalam jahe sangat ampuh untuk mengatasi berbagai penyakit khususnya pada perut, usus, otak dan sistem saraf.

Salah satu kegunaan dari rimpang jahe adalah untuk menyembuhkan batuk yang akan kami ulas selengkapnya pada kesempatan kali ini sebagai penambah wawasan kita mengenai berbagai obat herbal untuk mengatasi batuk secara alami.

1. Jahe Memiliki Sifat Antitusif

Kandungan utama yang terkandung dalam jahe adalah minyak esensial, sumber antioksidan dan juga oleoresin. Oleoresin sendiri sangat terkenal dengan kemampuan antitusif sehingga bisa meredakan dan menekan batuk, sedangkan senyawa aromatik yang terkandung dalam jahe merupakan fenilalkilketon yang juga dikenal dengan sebutan gingerol, zingerone atau shogaols. Senyawa kimia inilah yang membuat jahe dapat dijadikan obat terbaik untuk menenangkan atau bahkan meyembuhkan batuk.

2. Jahe Mengandung Analgesik

Jahe merupakan salah satu analgesik alami yang dapat mengurangi rasa sakit dan berfungsi untuk menenangkan iritasi yang terjadi pada kerongkongan dan tenggorokan yang sakit. Peradangan yang terjadi pada area tersebut sering kali menstimulasi timbulnya batuk. Maka dengan mengkonsumsi jahe segar atau dibuat menjadi minuman seperti teh bisa menekan batuk sekaligus mengobati iritasi yang terjadi.

3. Jahe Menjaga Kesehatan Pernapasan

Jahe juga sangat baik untuk sistem pernapasan. Sifat hangat yang ada dalam jahe akan menghilangkan lendir pada paru paru yang menjadi salah satu penyebab dari batuk yang dapat dibersihkan dengan mengkonsumsi jahe. Mengkonsumsi teh, jus jahe atau memijat area dada dan punggung dengan minyak jahe bahkan bisa membantu untuk meringankan dan menjadi solusi menyembuhkan penyakit batuk. Selain itu, jahe juga merupakan relaxer otot alami yang bisa meredakan kejang yang disebabkan dengan batuk yang terjadi secara terus menerus.

4. Jahe Mengeluarkan Lendir

Tidak hanya dikonsumsi, mandi dengan air panas yang sudah dicampur dengan jahe juga sangat ampuh untuk meredakan peradangan, mengeluarkan lendir dari paru paru sekaligus meredakan batuk. Caranya adalah jahe dicampur dalam air hangat. Diamkan sekitar 10 menit lalu gunakan untuk berendam sambil menghirup uap air yang dihasilkan untuk mempercepat proses penyembuhan batuk.

5. Jahe Menenangkan Tenggorokan

Minum air jahe juga sangat efektif untuk menenangkan tenggorokan dan jaringan paru paru, sekaligus meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mengeluarkan lendir. Cara membuat air jahe juga sangat mudah, yakni dengan merebus 2 sendok makan jahe parut dengan 6 cangkir air selama 10 menit. Kemudian saring dan tambahkan dengan madu dan lemon lalu minum beberapa kali sehari sampai gejala batuk terlihat membaik.

6. Jahe Mengandung Anti Inflamasi dan Anti Bakteri

Manfaat lain dari jahe adalah jahe mengandung sifat anti inflamasi yang sangat ampuh untuk mengurangi peradangan di tenggorokan dan juga dada yang disebabkan karena batuk. Selain itu, jahe juga mengandung sifat anti bakteri dan anti virus yang bisa membebaskan kita dari segala masalah pernapasan seperti batuk, flu dan sebagainya. Kemudian meningkatkan produksi air liur, menghambat kontraksi saluran napas dan juga menstimulasi sekresi lendir untuk meredakan batuk beserta gejalanya.

7. Jahe Mengandung Antioksidan dan Antihistamin

Manfaat lain yang terkandung dalam jahe adalah antihistamin. Antihistamin ini akan secara efektif bisa mengatasi alergi penyebab berbagai penyakit pernapasan seperti menyembuhkan batuk. Selain itu, dalam jahe juga mengandung oleoresin yang memiliki kemampuan antitusif untuk meredakan batuk yang kamu alami. Sedangkan kandungan minyak esensial dan antioksidan dalam jahe akan menenangkan tenggorokan, sekaligus meredakan sakit yang ditimbulkan dari batuk.

Manfaat jahe untuk batuk ini sebenarnya sudah menjadi salah satu bahan untuk mengobati penyakit pernapasan yang paling ampuh dibandingkan dengan obat batuk komersil. Selain jahe mudah didapat serta harganya murah terjangkau, jahe merupakan bahan alami yang sangat aman dikonsumsi baik untuk orang dewasa maupun anak anak.

Semoga artikel " 7 MANFAAT JAHE UNTUK MENYEMBUHKAN BATUK YANG WAJIB KAMU KETAHUI " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.