5 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami dan Aman

5 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami dan Aman
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami dan Aman Kesehatan Penyakit Penyebab Sakit Mata

5 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami dan Aman

Pahami 5 cara mengobati sakit mata secara alami dan aman ini. Mata memiliki peran yang sangat penting bagi semua manusia, sehingga menjaga mata kita jauh lebih penting. Mungkin mata yang berinteraksi dengan dunia luar akan menyebabkan masalah.

5 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami dan Aman

Masalah-masalah yang sering menimpa adalah sakit mata. Tapi ini penting walaupun mata tidak membahayakan nyawa kita, namun sakit mata bukanlah hal yang sepele, bisa menggagu aktifitas kita sehari-hari dan bisa menyebabkan kepala sering pusing.

Sebelumnya akan saya jelaskan, mengapa mata kita bisa sakit?

Penyebab Sakit Mata

Jadi semua penyaki ada penyebabnya dan juga ada obatnya. Yang pasti semua di dunia ini diciptakan berpasangan, nah berikut adalah untuk mengetahui penyebab sakit mata:

1 Debu

Yang sering di alami banyak orang salah satunya adalah debu. Debu bisa menyebabkan mata merah, mata merah bukan hanya disebabkan karena belekan. Sulit membengkak, merahnya semakin lama semakin pudar dan bisa mereda dengan sendiri.

2. Penyakit glaukoma

Glaukoma juga menyebabkan mata jadi merah. Penyakit ini dibagi menjadi 2 yaitu yang tenang "tidak memberikan keluhan kecuali sudah berat" dan yang takut "gejalanya mata merah, penglihatan buram, mual hingga muntah dan sakit kepala". Penyakit mata ini tidak akan menular tetapi bisa diturunkan "genetis". Merupakan penyebab kebutaan keduanya setelah katarak di Indonesia.

3. Bintitan atau Hordeolum

Sakit mata yang disebabkan karena bintitan. Bintitan sendiri merupakan kondisi dimana kelopak mata bagian atas maupun bawah mengalami pembengkakan dan terasa gatal, keras dan sakit. Bintitan disebabkan oleh debu atau bakteri yang masuk ke area mata, atau bisa jadi karena bulu mata yang tercabut lalu terjadilah terinfeksi bakteri.

4. Infeksi karena bakteri atau belekan

Biasanya penyebab sakit mata yang kedua adalah karena adanya infeksi bakteri. Gejala yang timbul berupa mata merah, gatal, dan mengeluarkan cairan kental atau yang disebut belek, sehingga saat bangun tidur akan sulit terbuka. Ini biasanya karena mata rapat oleh belek yang mengering. Infeksi pada mata ini disebabkan karena bakteri yang tumbuh di mata, dan termasuk penyakit yang menular. Bila Anda terkena penyakit belekan saat bangun tidur, sebaiknya jangan memaksa untuk membuka mata dengan cara kasar. Karena dapat menyebabkan iritasi pada kulit mata Anda.

5. Alergi

Terakir adalah alergi yang juga dapat berakibatkan sakit mata. Bisa saja karena kotoran masuk, bulu hewan, atau udara kotor, dan lain sebagainya. Biasanya alergi ditandai dengan mata terasa perih, gatal, dan terjadi dalam waktu yang lama. Namun demikian penyakit ini tidak akan menular.

5 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami

Mengobati mata juga bisa dengan obat dari toko ataupun dari apotik. Namun ada juga cara mengobati sakit mata secara alami yang bisa anda praktekkan dan tentu saja tidak akan beresiko apapun. Mungkin anda juga lebih suka cara mengobati sakit mata secara alami dari pada obat dari toko-toko yang mengandung banyak alkohol. Nah berikut ini ada 6 cara yang bisa langsung dipraktekkan :

1. Madu

Pertama adalah madu, madu juga sangat bermanfaat untuk mengobati sakit mata atau mata merah yang anda derita. lakukan cara berikut :
  • Pertama bersihkan dulu mata Anda menggunakan kapas yang telah di basahi dengan air hangat.
  • Ambil 1 kapas untuk satu mata dan 1 kali usapan.
  • Selanjutnya teteskan madu murni 1 tetes pada mata yang sakit.
  • Lakukan cara ini dengan rutin sampai mata Anda benar-benar sembuh

2. Kentang

Selain madu diatas, kentang ini juga bisa untuk mengobati sakit mata, hal ini dikarenakan kadungan dan zat di dalam kentang dapat mematikan kuman dan bakteri yang bersarang pada mata.
  • Cara pertama yaitu kupas dan cuci bersih kentang.
  • Kemudian parut kenang lalu bungkus dengan kain yang halus, kompres mata Anda sekitar 15 menit.

3. Bawang Putih

Nah cara ini sering kali saya mendengarnya, dan pasti sangat ampuh. Ya memang agak perih, namun banya kadungan yang dimiliki bawang putih,
  • Cara yang harus dilakukan, ambil 2 siung, basuh sampai bersih.
  • Iris menjadi 2 bagian setelah itu usapkan bagian bawah mata yang sakit, meskipun cara ini agak terasa perih tidak akan berbahaya kok.
  • Lakukan cara ini 1 minggu minimal 3 kali ya

4. Mengompres dengan air hangat

Mengompres mata dengan air hangat sudah tidak asing lagi mendengarnya, namun seperti pengalaman teman saya yang terkana sakit mata berair. Baiklah simak cara yang harus di terpakan.
  • Siapkan handuk atau kain yang bersih
  • Ambil 1 cibuk air hangat, kemudian handuk atau kain diclukan ke air hangat.
  • Setelah itu peras dan tenpelkan ke area mata yang sakit, cara ini memang sudah banya dibuktikan

5. Daun Sirih

Daun sirih memang sudah sangat terkenal, selain bisa mengobati sakit mata juga bisa menyembukan segala penyakit.
  • Pertama yang harus Anda lakukan, ambil 3 atau 4 lembar lalu basuh dengan bersih
  • Setelah dibasuh, siapkan air 2 gelas untuk merebus daun sirih tersebut
  • Setelah itu dinginkan air rebusan daun sirih, setelah itu di buat obat tetes juga bisa atau lebih cepat ambil kain trus di tenpelkan ke bagian mata yang sakit.

Semoga artikel " 5 Cara Mengobati Sakit Mata Secara Alami dan Aman " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.