Menu Makanan Sehat untuk Program Diet

Menu Makanan Sehat untuk Program Diet
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : Diet Kesehatan Makanan Sehat Program Diet

Menu Makanan Sehat untuk Program Diet

Diet merupakan program yang bertujuan untuk menurunkan berat badan seseorang. Siapa sih yang tidak mau terlihat langsing dan ideal, pasti setiap oarang mengiginkannya. Nah program diet merupakan salah satu cara untuk menghasilkan tubuh yang sehat, kuat, langsing dan ideal.

Banyak metode yang bisa dilakukan. Salah satunya adalah mengkonsumsi sejumlah makanan yang sehat dan bergizi. Makanan yang sehat tentu dapat membantu kamu menurunkan berat badan hingga bentuk tubuh menjadi ideal.

Berikut daftar menu makanan sehat untuk program diet kamu.


1. Kentang

Kentang dapat membuat perut kamu merasa kenyang dalam waktu yang cukup lama. Kentang yang direbus atau dipanggang sebagian besar berguna untuk diet. Karena rendah kalori dan tinggi serat, kalium, vitamin C, juga vitamin B6, kentang berguna untuk diet.

Menu Makanan Sehat untuk Program Diet

Catatan:

Didalam peroses berlangsungnya program diet jangan sekali-kali kamu mengonsumsi kentang yang pengolahannya dengan cara digoreng. Disebabkan pada proses itu kentang menyerap minyak. Nah, minyak tersebutlah yang berpotensi menjadi lemak jika masuk ke dalam tubuh.

2. Jeruk

Tentunya kamu tak asing lagi mendengar buah ini, buah jeruk. Buah jeruk sangatlah terkenal dengan vitamin C yg cukup tinggi. Vitamin inilah yang berguna untuk membuat kulit tetap sehat dari dalam. Tak hanya itu, vitaminC juga mempunyai peran yang cukup penting bagi seseorang yang berkeinginan menjadikan tubuhnya terlihat langsing, karena mereka dapat membakar lemak dalam tubuh.

3. Beberapa Jenis Rempah

Rempah-rempah tidak melulu menjadi bumbu dapur. Kebanyakan memang digunakan untuk memberikan rasa pada makanan (sebagai penyedap rasa), namun ada beberapa jenis rempah yang tergolong dalam menu makanan sehat untuk diet, misalnya biji mustard yang membantu memperlancar metabolisme tubuh, dan jahe yang melancarkan sistem pencernaan.

Gingseng bisa juga dikonsumsi untuk memberi energi tambahan. Sementara lada hitam yang dapat membakar kalori bila dibantu dengan olahraga. Rempah yang langsung berperang melawan lemak adalah lada. Jika kamu tidak menyukai lada, kamu bisa mencoba kunyit yang mempunyai peran yang sama.

4. Tomat

Tomat Salah Satu Menu Makanan Sehat

Tomat termasuk ke dalam makanan yang bisa  membantu kamu untuk mempertahankan berat badan seimbang. Dimana pada akhirnya tubuh kamu akan ideal dan menarik untuk dipandang kedua mata. Buah tomat mengandung sedikit kalori, namun banyak menyediakan serat.

Terdapat juga senyawa kimia alami bernama likopen. Senyawa ini bersifat atau bertindak sebagai penangkal segudang penyakit dan kondisi kesehatan yang bermasalah.

5. Oatmeal

Sereal ini sangat cocok dijadikan sarapan. Mempunyai banyak manfaat dan dapat membuat perut tahan kenyang lebih lama. Meskipun begitu, para pakar Diet Paleo tidak setuju bila oatmeal dimasukkan ke dalam menu makanan untuk diet seimbang yang sehat. Tetapi sebagian orang lainnya setuju karena gandum dapat membantu program diet dengan tingginya jumlah serat yang membuat perut terisi penuh sehingga mengurangi keinginan untuk makan lebih lama.

6. Kacang-kacangan

Beberapa jenis kacang selalu mendapat perhatian lebih dari pakar diet di dunia. Jika kamu seorang vegetarian, mungkin cukup sulit untuk menciptakan selera makan pada kacang, akan tetapi ketahuilah bahwa kacang selalu berhasil menurunkan berat badan berlebih seseorang.

7. Buah Pisang

Buah pisang telah melewati berbagai proses penelitian yang lama. Buah pisang telah terbukti mengasup kebutuhan nutrisi harian dan melengkapinya, dan buah ini termasuk ke dalam superfood diet yang diakui dunia. Selain dimakan, buah pisang juga bisa dijadikan masker untuk mengangkat kotoran pada wajah dengan mencampur madu ke dalamnya.Baru tau khan?

8. Buah Pir

Buah ini berkerabat dengan apel. Tetapi manfaat yang diberikan cukup berbeda, yang sama hanya pada tindakannya untuk mengontrol berat badan seseorang. Kamu bisa makan buah ini ketika lapar, perut akan kenyang seketika dan tahan cukup lama.

Jumlah serat yang tertanam di dalamnya efektif dalam membantu diet kamu. Kamu bisa membuat salad buah khusus diet dengan mencampurkan beberapa buah yang sudah terdaftar sebelumnya, termasuk buah pir. Saat mengkonsumsi buah pir ini coba tambahkan susu rendah lemak dan kalori, sudah banyak dijual di pasaran.

9.Alpukat

Alpukat Salah Satu Menu Makanan Sehat

Alpukat juga termasuk ke dalam buah untuk diet yang sering dibahas semua orang. Meskipun buah ini mengandung lemak, golongan lemak yang terkandung didalamnya berjenis tak jenuh, atau lemak baik yang justru diperlukan oleh tubuh kamu.

10. Jamur

Khususnya jamur kancing dapat kamu konsumsi bersamaan dengan makanan sehat lain yang dapat mempercepat program penurunan berat badan kamu. Untuk hasil yang terbaik, kamu harus memilih jamur kancing yang benar-benar berkualitas, karena jamur jenis ini sangat tinggi vitamin namun renah kalori.

11. Dada Ayam

Jika kamu merasa bosan dengan menu buah-buahan, tenang, kamu bisa kok mengkonsumsi daging. Ah masa sih? Iya, Dada ayam. Loh kenapa dada ayam mengapa bukan bagian yg lainnya?

Kamu harus tahu bahwa resep keberhasilan para atlet dan binaragawan dalam menurunkan berat badannya adalah dari dada ayam yang dipanggang atau direbus.

Dada ayam adalah bagian yang paling banyak menyimpan protein dan paling sedikit menampung lemak. Jadi sangat cocok dijadikan menu  diet. Di Amerika, para penduduknya sudah kenal betul akan keistimewaan ini. Jadi mereka selalu menyiapkan daging ayam dan mengambil bagian dadanya saja untuk dimakan.

Catatan:


Harus diingat! Bahwa dagingnya saja yang membantu, sedangkan kulitnya tidak. Oleh karena itu, kamu bisa membuang kulitnya karena bagian tersebut mengandung lemak.

12. Teh Hijau

Teh Hijau Salah Satu Menu Makanan Sehat

Teh dapat mengikis lemak dengan bantuan antioksidan bernama katekin. Kandungan ini seperti yang terdapat di dalam buah melon. Kandungan tersebut akan bekerja membakar lemak dan kalori lebih banyak lagi.

13. Daging Tanpa Lemak

Daging yang tanpa lemak bisa menjadi pilihan kamu untuk menu makan hari esok. Kamu bisa memanggang daging sapi yang rendah lemak dengan mengoleskannya bumbu pedas atau kecap manis untuk menggugah selera makan. Meskipun rasanya enak, kamu tidak boleh makan daging rendah lemak sering-sering karena bisa menggagalkan upaya penurunan berat badan yang sedang kamu giati.

14. Ikan Salmon

Tanpa disadari hampir semua cara untuk mengatasi masalah kesehatan pasti ada kaitannya dengan ikan ajaib, yaitu ikan salmon. Sudah pasti karena kandungan asam lemak omega-3 nya yang berguna untuk diet. Lemak tersebut adalah lemak tak jenuh yang tidak perlu kamu khawatirkan. Jika ingin mengonsumsinya, pastikan untuk tidak digoreng karena dapat memudarkan khasiat yang dikandungnya.

15. Minyak Zaitun

Jika ingin menggoreng makanan, jangan gunakan minyak goreng biasa, namun ganti dengan minyak zaitun. Hasil makanan yang digoreng dalam minyak zaitun tidak akan memberikan dampak negatif pada kamu yang diet. Karena minyak zaitun tidak melekatkan lemak pada makanan yang hendak kamu konsumsi.

Semoga artikel " Menu Makanan Sehat untuk Program Diet " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.