20 MANFAAT BUAH SIRSAK UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN

20 MANFAAT BUAH SIRSAK UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN
Di Posting Oleh : Qanita Aqilah
Kategori : 1001 Manfaat (Khasiat) Buah Sirsak 20 Manfaat Buah Sirsak Bagi Kesehatan Tubuh Manusia Kesehatan Tips Sehat

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

20 manfaat buah sirsak untuk kesehatan dan kecantikan serta manfaat buah sirsak bagi kesehatan tubuh manusia tak perlu diragunakan lagi. Buah sirsak bermanfaat untuk mengatasi berbagai penyakit seperti kolesterol, kanker, asam urat, dan kecantikan dsb.

Namun sebelum Anda mengetahui apa saja manfaat khasiat buah sirsak untuk kesehatan yuk simak kandungan gizi buah sirsak terlebih dahulu yaitu :

  • Karbohidrat
Pada satu gelas sirsak mengandung karbohidrat sebanyak 38 gram, kandungan ini merupakan sumber energi tubuh. Karbohidrat yang terdapat dalam buah tentunya sangat sehat dibandingkan yang terdapat dalam kue yang hanya berakibat buruk bagi kadar gula dalam darah seseorang.
  • Kalium
Buah sirsak mengandung kalium yang bisa membantu otot-otot di dalam tubuh, untuk perbaikan tulang, dan mengatur tingkat tekanan darah.
  • Serat
Buah sirsak mengandung serat yang bisa membantu melancarkan pencernaan. Selain itu kandungan serat dalam sirsak dapat mengontrol berat badan serta melancarkan metabolisme dalam tubuh.
  • Vitamin C
Buah sirsak memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi yang berperan sebagai antioksidan. Antioksidan inilah yang nantinya berfungsi untuk melawan berbagai macam penyakit dalam tubuh, termasuk menyembuhkan luka dan mencegah kerusakan kulit.
  • Fosfor dan Kalsium
Kandungan mineral lainnya yang terdapat dalam buah sirsak adalah fosfor dan kalsium. Dalam 100 gram buah sirsak mengandung fosfor sebanyak 27 mg serta kalsium sebanyak 14 mg. Diketahui bahwa mineral-mineral inilah yang bermanfaat dalam pembentukan tulang dan menghambat terjadinya pengeroposan tulang.
  • Air
Buah sirsak mengandung cukup banyak air. Pada secangkir buah sirsak mengandung air sebanyak 183 gram, maka sangat wajar jika buah sirsak dapat juga mencegah terjadinya dehidrasi tubuh.

Manfaat Buah Sirsak Untuk Kesehatan dan Kecantikan

manfaat buah sirsak bagi kesehatan dan kecantikan

Berikut ini beberapa manfaat buah sirsak bagi kesehatan dan kecantikan yang mesti kamu ketahui:

1. Manfaat buah sirsak untuk kolesterol

Buah sirsak selain mengandung vitamin C juga banyak mengandung serat yang baik buat tubuh. Yaitu serat yang terkandung dalam buah sirsak bisa menyerap kolesterol jahat yang ada pada tubuh, sehingga yang tersisa adalah kolesterol yang baik. Dengan meminum satu gelas jus sirsak secara teratur setiap harinya, maka anda akan tampak lebih sehat dan terbebas dari kolesterol jahat.

2. Manfaat buah sirsak untuk kanker

Manfaat buah sirsak bagi kesehatan dapat mencegah penyakit kanker. Annonaceous acetogenins adalah fitokimia yang terdapat dalam daun, biji dan batang sirsak, yang mana zat ini berperan dalam menangkal serangan kanker dan virus. Penelitian mengungkap bahwa kandungan Annonaceous acetogenins pada sirsak dapat membunuh sel-sel ganas pada 12 jenis kanker; seperti kanker payudara, usus besar, prostat, paru-paru, dan masih banyak lagi penyakit lainnya.

3. Manfaat buah sirsak untuk melancarkan buang air kecil

Jus buah sirsak ternyata dapat dijadikan sebagai obat jika kamu mengalami rasa sakit ketika buang air kecil. Selain itu juga dapat mengatasi haematuria, yaitu bercampurnya sel darah putih dalam urin, serta penyakit hati ringan.

4. Manfaat buah sirsak untuk menjaga sesehatan tulang

Selain mengandung fosfor dan kalsium, buah sirsak juga diperkaya mineral lain yakni tembaga. Mineral ini membantu penyerapan kalsium ke dalam tulang sehingga tulang Anda tetap tercukupi kebutuhan nutrisinya.

5. Manfaat buah sirsak untuk meningkatkan energi

Manfaat buah sirsak untuk meningkatkan energi

Cobalah mengonsumsi buah sirsak jika kamu merasa tak bergairah. Buah sirsak juga mengadung thiamin yang berguna untuk meningkatkan energi kamu selain aroma segar yang bisa membuat mood kamu kembali bergairah.

6. Manfaat buah sirsak untuk meredakan migrain

Buah sirsak mengandung riboflavin atau vitamin B2. Kandungan vitamin B2 ini dikenal efektif meredakan sakit kepala seperti migrain.

7. Manfaat buah sirsak untuk mencegah anemia

Buah sirsak mengandung zat besi didalmnya. Kandungan zat besi ini dipercaya efektif meredakan gejala anemia yang bisa menyerang kamu kapan saja.

8. Manfaat buah sirsak untuk mengobati diare bayi


Bunda dan ayah, jika bayi bunda dan ayah mengalami diare, maka buah sirsak ini sangat ampuh untuk mengobatinya. Caranya adalah dengan menyiapkan buah sirsak yang sudah masak/matang yang diperas dan saring airnya. Kemudian minumkan air hasil saringan tersebut kepada bayi yang sedang diare.

9. Manfaat buah sirsak untuk mengobati ambeien

Buah sirsak juga bermanfaat untuk mengobati ambeien. Dengan memeras sirsak yang sudah matang dan kemudian ambil airnya. Caranya cukup mudah, ambil sekitar 1 gelas saja dan minum secara teratur 2 hari sekali. Sangat dianjurkan untuk meminumnya setiap pagi dan sore untuk mempercepat penyembuhan.

10. Manfaat buah sirsak untuk mengobati kencing anyang–anyangan

Manfaat lain dari buah sirsak ini adalah dapat membantu menyembuhkan kencing anyang–anyangen. Untuk menyembuhkan penyakit ini kamu harus menyiapkan buah sirsak setengah matang, beserta gula pasir secukupnya saja. Kemudian kupas sirsak tersebut dan rebuslah bersamaan dengan gula secukupnya dengan menambahkan 2 gelas air. Setelah itu saring dan minum air hasil rebusan tersebut.

11.  Manfaat buah sirsak meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Manfaat buah sirsak meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Buah sirsak juga bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Hal ini dikarenakan buah ini mengandung senyawa acetogenins. Sehingga muricapentocin yang berguna untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh dari bahaya penyakit, selain juga bisa juga digunakan sebagai obat penyakit.

12. Manfaat buah sirsak meningkatkan kesehatan otak

Mengkonsumsi buah sirsak mungkin bisa menjadi salah satu solusinya bagi anda yang agak kesulitan untuk bisa fokus. Kandungan tiamin dalam buah sirsak bermanfaat untuk menjaga fungsi otak, dan dapat meningkatkan konsentrasi. Vitamin ini juga dapat membantu otak terlepas dari stres dan untuk memperkuat sistem saraf motorik dalam otak.

13. Manfaat buah sirsak membantu produksi sel darah merah

Manfaat buah sirsak selanjutnya adalah membantu tubuh dalam memproduksi hemoglobin. Kandungan riboflavin dalam buah sirsak sangatlah penting. Membantu produksi sel darah merah sehingga cukup untuk mengaliri oksigen ke seluruh jaringan dalam tubuh. Dengan begitu semua organ baik yang vital maupun tidak kinerjanya dapat berlangsung secara normal.

14. Manfaat buah sirsak untuk mengurangi resiko serangan jantung

Ssering-sering mengkonsumsi buah sirsak merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan jantung. Buah sirsak bermanfaat untuk menghilangkan aterosklerosis di dalam jantung. Penyakit tersebut merupakan sebuah kondisi arteri jantung mengalami penebalan sehingga membuat darah menjadi tidak lancar dan serangan jantung mudah terjadi. Hal yang menakjubkan ini dikatakan para ahli sebagai reaksi dari vitamin C dalam buah sirsak.

15. Khasiat buah sirsak untuk pencernaan


Selain menjaga kesehatan jantung, buah sirsak atau sirsak ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin B2 yang terdapat di dalamnya yang berfungsi untuk melindungi membran mukosa usus sehingga sistem pencernaan tetap lancar dan terjaga kondisi baiknya. Dengan begitu pula secara otomatis masalah yang bersangkutan dengan pencernaan dapat terminimalisir.

16. Khasiat Buah Sirsak Mencegah Penyakit Katarak

Buah ini juga bermanfaat untuk mencegah gangguan kesehatan mata, antara lain adalah katarak. Dengan cara rutin minum buah sirsak sehari minimal dua kali dipercaya mampu mengurangi risiko pandangan menjadi kabur, serta mengatasi masalah kesehatan pada mata lain seperti buram.

17. Khasiat buah sirsak sebagai obat alternatif diabetes

Buah sirsak ini juga bermanfaat untuk mengurangi resiko terkena diabetes, karena kadar gula dalam buah sirsak tidaklah tinggi sehingga mampu mengurangi risiko terhadap diabetes. Lebih baik hindari konsumsi aneka olahan dari buah sirsak secara berlebihan jika kadar gula dalam darah sudah tinggi, jika kamu tidak ingin terjadi apa-apa terhadap kondisi kesehatan kamu.

18. Khasiat buah sirsak mengatasi sakit pada kandung kemih

Khasiat buah sirsak mengatasi sakit pada kandung kemih

Kamu pernah mengalami rasa nyeri atau sakit pada kandung kemih? Dengan mengkonsumsi buah sirsak rasa sakit atau nyeri pada kandung kemih bisa berkurang bahkan menjadi hilang. Cara pengolahannya adlah dengan buah sirsak separo masak, gula dan garam secukupnya. Dari semua bahan tadi kamu buatmenjadi kolak, kemudian dimakan seperti biasa. Makan rutin selama satu minggu.

19. Khasiat buah sirsak untuk mengobati penyakit liver

Manfaat buah sirsak adalah untuk mengatasi penyakit liver secara alami. Caranya yaitu dengan mengkonsumsi buah ini bisa disajikan menjadi minuman jus, dan diminum selama satu minggu berturut-turut. Selama satu minggu tersebut usahakan puasakan makan makanan yang lain terlebih dahulu, mudah-mudahan dengan cara ini bisa cepat sembuh.

20. Buah sirsak bermanfaat menghilangkan bisul

Walaupun bisul bukan termasuk penyakit yang membahayakan tapi terkadang penyakit bisul bisa membuat orang kurang percaya diri. Tidak hanya salep yang bisa mengobati bisul, obat-obatan alami seperti buah sirsak juga ternyata bisa mengobati bisul. Caranya cukup mudah, yaitu dengan memisahkan sirsak dari isinya, kemudian haluskan sampai lembut seperti bubur, lalu tempelkan pada kulit yang mengalami bisul. Diamkan beberapa saat sampai kering kemudian basuh dengan air hangat, dan ulangi perawatan ini beberapa kali hingga bisul pada kulit anda bisa hilang.

Efek Samping Mengkonsumsi Buah Sirsak Secara Berlebihan

Efek samping mengkonsumsi buah sirsak secara berlebihan dapat membuat asam lambung tinggi. Lambung memiliki fungsi sebagai salah satu saluran pencernaan dalam tubuh dan dalam bagian lambung menghasilkan asam yang berfungsi untuk membantu pencernaan.

Sementara kandungan senyawa dari daun sirsak ternyata justru bisa membuat asam lambung naik hingga ke kerongkongan. Otot yang berbentuk cincin berada di bagian kerongkongan untuk mencegah makanan yang masuk ke lambung kembali naik.

Ketika asam lambung naik maka semua makanan akan kembali ke bagian kerongkongan dan membuat kondisi asam yang berlebihan. Maka disarankan jika ingin mengkonsumsi buah sirsak jangan berlebihan.

Semoga artikel " 20 MANFAAT BUAH SIRSAK UNTUK KESEHATAN DAN KECANTIKAN " ini bermanfaat buat kita semua, sampai bertemu lagi di postingan lainnya.